Tuesday, April 23, 2013

Tidur Ala Raja di 5 Kastil Ini


London - Bermalam di kastil layaknya di negeri dongeng, siapa yang tidak mau? Dengan tidur di kastil di negara-negara ini, impian menjadi raja bisa terkabul.

Beberapa kastil di Eropa, bisa disewa wisatawan layaknya hotel yang disewa per kamar. Namun suasana ala kerajaan, pasti jadi pengalaman spesial.

Dihimpun detikTravel dari News.com, Selasa (23/4/2013), berikut kastil yang dibuka sebagai penginapan :

1. Hellifield Peel Castle, Inggris

Kastil terbesar di Britania ada di Windsor, Hellifield Peel Castle namanya. Bagi Anda yang lebih memilih berjalan sedikit untuk mencapai ruang makan, maka Hellifield Peel Castle adalah pilihan tepat. Ukuran kastil ini masih termasuk manusiawi.

Kastil ini terletak di batas selatan Taman Nasional Yorkshire Dales. Hellifield Peel Castle awalnya rumah bangsawan Anglo-Saxon, lalu ditingkatkan oleh kesuksesan pemiliknya yang merupakan salah satu dari Knights Templar di abad ke-14.

Beberapa tahun lalu kastil ini sempat hancur. Namun berkat proyek film untuk serial TV Grand Designs, kastil ini menjadi layak untuk dihuni kembali.

Desa Hellifield terletak di Jalan Tol A65, membentang dari Leeds ke Kendal di Cumbria. Perjalanan mobil menuju Hellifield memakan waktu 1 jam dari Leeds dan Manchester, dan 4 jam dari London. Tarif per malam untuk menginap di sini mulai dari 165 Poundsterling (Rp 2,4 juta).

2. Chateau de Chissay, Prancis

Beberapa sudut Eropa terkenal kaya dengan kastilnya seperti di Lembah Loire di Prancis. Hampir di segala tempat terdapat istana yang bisa menjadi ilustrasi seperti dalam dongeng 'Kucing Bersepatu Boots'.

Kastil Chateau de Chissay benar-benar seperti ilustrasi di negeri dongeng. Kastil ini memiliki dinding dari batu berwarna pucat, dengan atap kerucut seperti topi penyihir.

Di dalamnya terdapat rangka kayu pada langit-langit, tangga melingkar, serta ruang luas pada kamar-kamarnya. Jamuan makan malam yang sempurna merupakan yang disorot dari kastil ini.

Tarif kamar di kastil Chateau de Chissay mulai dari 135 Poundsterling (Rp 2 juta). Tapi untuk mendapatkan kamar yang lebih bernuansa kastil siapkan kocek minimal 170 Poundsterling (Rp 2,5 juta).

3. Castle of Park, Skotlandia

Salah satu yang menjadi ciri arsitekstur Skotlandia adalah rumah-rumah menara. Kediaman dari batuan tinggi dibangun dengan tujuan melindungi diri selama peperangan dahulu.

Salah satu menara yang sekarang menjadi penginapan adalah Castle of Park. Terdapat perapian batu yang besar, sudut-sudut tersembunyi dan dinding bercat putih di dalam menara ini.

Menara ini dibangun pada tahun 1590, dan direstorasi akhir abad ke-20. Sekarang menara ini disewakan oleh perusahaan Landmark Trust. Menara ini dapat dihuni hingga 7 orang dalam 4 kamar.

Castle of Park berdiri di atas bukit diselimuti oleh hutan, di luar desa Glenluce, Skotlandia. Desa ini terletak semenanjung Rhins di titik barat daya Skotlandia.

Desa Glenluce memiliki iklim paling ringan di Skotlandia, terbukti dengan adanya Castle Kennedy Gardens yang megah dan taman sub-tropis Logan Botanic Garden.

Tarif Castle of Park mulai 389 Poundsterling (Rp 5,9 juta) untuk 3 malam. Desa Glenluce dapat dicapai dengan 2 jam berkendara dari Glasgow dan Carlisle. Anda juga dapat naik kereta dari stasiun terdekat, Stranraer dengan tarif mulai dari 39 Poundsterling (Rp 600 ribu).

4. Kastil Monastero, Italia

Kastil ini berada di garis perbukitan yang membagi pemandangan bernuansa sephia di bukit Tuscan dari selatan Arezzo. Pemandangan ini lebih mempesona jika dilihat dari Kastil Monastero di pedesaan Sienna, Italia.

Jika Anda berdiri di dalam piazza di tengah desa tersebut, Anda akan merasa sedang berada di sebuah hotel mewah. Kelompok rumah yang terbuat dari bebatuan dan cottage di pelataran mengingatkan kita pada desain interior bersejarah mereka.

Dengan pemandangan latar yang tak habis dimakan waktu, Siena sangat bernuansa Renaissance Italia. Kota ini dipenuhi dengan kekayaan seni pada gereja dan galerinya.

Kastil Monastero berada 24 km timur Siena, Italia. Tarif kamar per malam mulai dari 330 Poundsterling (Rp 4,9 juta). Durasi perjalanan ke kastil ini sekitar 1 jam dari Bandara Florence dan 2 jam dari Pisa.

Pihak hotel merekomendasikan Anda membawa mobil, namun Anda juga dapat menggunakan taksi lokal. Tarif untuk sekali perjalanan ke Sienna 40 Poundsterling (Rp 600 ribu).

5. Kastil Good Love, Spanyol

El Castillo de Buen Amor atau disebut Kastil Good Love. Nama yang paling tidak gagah untuk sebuah kastil. Tetapi kastil di utara Salamanca ini dirancang untuk sebuah kesenangan.

Di dalam kastil terdapat baju zirah, piala perburuan, dan sentuhan gaya Spanyol yang dipengaruhi Arab dari abad pertengahan. Jendela-jendela di kastil ini mungkin kecil, namun ruangan kamarnya sangat besar.

Kastil ini terletak diantara Salamanca dan Zamora. Masing-masing destinasi ini layak untuk Anda kunjungi. Terdapat universitas tertua di Spanyol dan mungkin alun-alun tercantik di dunia. Di kotanya ada museum terbuka dari arsitektur Roman.

Tarif kamar mulai dari 65 Poundsterling (Rp 965 ribu) hingga 110 Poundsterling (Rp 1,6 juta). Anda bisa berkendara ke kastil ini sekitar 30 menit dari Salamanca, atau sekitar 2 jam dari Madrid.


0 komentar:

Post a Comment