Friday, April 12, 2013

Ssst, Ada Jalan Rahasia di Vatikan


Vatikan - Kota Vatikan dengan kharisma seorang Paus, bangunan bersejarah dan aneka benda seni, adalah magnet untuk wisatawan. Tapi tahukah Anda, Vatikan juga menyimpan sebuah jalan rahasia? Il Passetto namanya.

Keberadaan Il Passetto terangkat kembali setelah novel dan film Angels and Demons. Sang tokoh antagonis menggunakan Il Passetto untuk menculik calon Paus dari Vatikan. Tapi, seperti apakah wujudnya dan kenapa para wisatawan tidak pernah memperhatikannya.

detikTravel beberapa waktu lalu pernah bertandang ke Vatikan untuk menelusuri jejak jalan rahasia yang ditulis oleh novelis Dan Brown ini. Il Passetto rupanya disamarkan sebagai jembatan air alias aquaduct yang kini sudah berumur ratusan tahun memang panjang.

Jembatan air atau aquaduct adalah sebuah bangunan yang umum di Eropa, apalagi bangunan-bangunan tua abad pertengahan. Oleh karena itu, Il Passetto pun disamarkan sebagai jembatan air. Bangunan ini dimulai dari kediaman Paus di Vatikan, membentang 800 meter melintasi kota dan berujung di Kastil Santo Angelo.

Menurut sejarah, jembatan air bohong-bohongan ini dibangun pada 1277 atas perintah Paus Nicholas III. Nah, bangunan ini tetap lestari adanya. Keberadaannya kini agak tertutup berbagai bangunan modern di sekitar Vatikan.

Jalan rahasia ini bukannya tidak pernah digunakan. Pada 1527, ribuan tentara Raja Charles V dari Spanyol, memberontak dan hendak menjarah Vatikan. Swiss Guard, satu-satunya pasukan milik Vatikan habis dibantai. Namun Paus Clement VII berhasil diselamatkan melalui Il Passetto, dan bertahan di Kastil Sant Angelo.

Jika traveler datang ke Vatikan dari depan, Il Passetto tidak terlihat karena terhalang kompleks bangunan di Vatikan. Namun jika datang dari Porta Angelica (Gerbang Malaikat) di kanan Vatikan, traveler akan melihat aquaduct keluar dari tembok Vatikan. Bahkan sebenarnya, Porta Angelica juga bagian dari Il Passetto yang disamarkan sebagai gerbang Kota Vatikan.

Saya pun mengikuti Il Passetto yang melintas sepanjang jalan Via die Corridori yang berarti 'Koridor'. Sungguh nama yang tepat untuk menggambarkan kondisi Il Passetto. Di dalamnya terdapat koridor mungil yang cukup untuk dilewati orang. Salah satu tandanya adalah banyaknya jendela kecil untuk ventilasi. Jika memakai logika, untuk apa sebuah aquaduct memerlukan ventilasi. Bisa-bisa malah airnya berhamburan kemana-mana

Penelusuran ini pun berujung di Kastil Santo Angelo. Il Passetto langsung masuk ke dinding kastil. Semua tampak wajar dari bangunan ini. Namun jika diperhatikan, ada kamera keamanan canggih di atas Il Passetto. Wah, ini rupanya memang bukan jembatan air sembarangan. Namun dengan informasi yang serba terbuka di zaman ini, Il Passetto sudah bukan rahasia lagi.

Walau kini semakin orang banyak tahu soal Il Passetto, justru malah berdampak positif. Bangunan aquaduct yang biasanya luput dari perhatian wisatawan di Vatikan, kini memiliki tempat di hati mereka. Ini dia, jalan rahasia yang dulu digunakan Paus untuk menyelamatkan diri dalam kondisi bahaya.

0 komentar:

Post a Comment