Tuesday, April 16, 2013

Old South Church, Landmark Cantik Saksi Bisu Bom Boston


Boston - Tiga bom meledak di Boston pada acara Boston Marathon. Peristiwa ini terjadi di dekat landmark cantik Old South Church, yang menjadi saksi bisu tragedi ini.

Old South Church adalah salah satu gereja tua yang ada di AS. Dilongok dari situs resminya, gereja ini adalah salah satu gereja paling historis di AS dan berada di 645 Boylston Street, Boston.

Bisa dibilang Old South Church adalah tempat berkumpulnya komunitas keagamaan paling tua di AS. Untuk traveler yang datang ke Boston dan ingin ikut dalam wisata rohani, tak ada salahnya untuk mampir di gereja ini.

Bangunan gereja telah ada didesain antara tahun 1870 dan 1872 oleh perusahaan arsitektur di Boston. Gothik menjadi gaya paling menonjol dalam bangunannya.

Masuk ke dalam bangunan, Anda bisa tiba di Sanctuary, ruang utama untuk berdoa. Hampir seluruh perangkatnya terbuat dari kayu. Anda akan bisa melihat ada banyak kursi terbuat dari kayu yang mengkilap, lengkap dengan aneka ukiran cantik.

Desain dalam gereja juga tak kalah cantik. Dindingnya dihias dengan ukiran-ukiran cantik. Lampu-lampu besar juga mendominasi gereja.

Jika melongok ke arah jendela, Anda akan melihat kaca patri dengan ragam gambar menghiasinya. Kini saatnya berjalan ke tengah Sanctuary. Dongakkan ke atas dan lihatlah kubah gereja yang dihias dengan lukisan cantik. Sayang sekali jika tidak diabadikan lewat lensa kamera.

Belum selesai, traveler masih akan dibuat terkagum begitu melihat organ tua milik Old South Church. Betapa tidak, alat musik bernama EM Skinner Organ dibuat pada tahun 1921. Organ dengan 7.625 pipa ini biasa digunakan ketika ada PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvaGlzdGVyaXMtYmVydGVtdS1vd2wtY2l0eS1qZWxhbmcta29uc2VyLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+a29uc2VyPC9hPg== atau selama acara kebaktian.

Jika keluar sanctuary, pelancong bisa menemukan dinding yang dipasang tiga batu nisan. Ini adalah batu nisan milik pendiri gereja, John Alden, Joshua Scottow dan Ann Quinsey, yang diambil langsung dari PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDMva2FycGV0LW1ha2FtLW5hYmktbXVoYW1tYWQtdGVyanVhbC1ycC04MjUtbWlsaWFyLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+bWFrYW08L2E+nya.

Old South Church terlihat semakin anggun dengan adanya menara yang menjulang tinggi. Di dalamnya terdapat bel yang bunyinya akan menggema dan terdengar begitu kencang.

Bagian dalam gereja memang sangat cantik, tapi bagian luarnya pun tak kalah memukau. Apalagi jika dilihat pada malam hari. Old South Church terlihat sangat anggun saat diterangi lampu-lampu. Keelokkan pasti membuat siapa saja tak mampu berkedip.

Kini, Old South Church jadi saksi bisu ledakan bom di Boston. Ada 3 bom yang meledak, dua di sisi utara Boylston Street yang letaknya dekat dengan garis finish di Back Bay dan satu lagi di Perpustakaan JFK sekitar 3 mil atau sekitar 4,8 km dari garis finish. Semoga kejadian semacam ini tidak terulang lagi, dan awan berkabung segera hilang di langit Boston.


0 komentar:

Post a Comment