Tuesday, April 16, 2013

Kelinci dan Kura-kura di Balik Tragedi Boston Marathon


Boston - Boston Marathon jadi perhatian traveler dunia. Sebab, ledakan bom terjadi di tengah ajang maraton dan melukai ratusan orang. Di balik itu, rupanya Boston Marathon punya kisah kelinci dan kura-kura yang memiliki filosofi luhur.

Boston Marathon adalah ajang yang dinanti-nanti traveler dunia. Puluhan ribu orang tiap tahunnya ikut serta dalam lomba maraton sejauh 41 km yang digelar di Boston, Massachusetts, AS ini.

Sayang, tahun ini suasana duka dan berkabung menyelimuti Boston Marathon. 3 Orang tewas dan ratusan orang terluka akibat 3 ledakan bom yang terjadi di ajang maraton tersebut. Pihak berwenang masih terus mencari pelaku pengeboman dan pihak rumah sakit terus mengobati korban yang terluka, baik dari turis atau masyarakat sekitar.

Dilongok dari Boston Discovery Guide, Selasa (16/4/2013), Boston Marathon bukanlah ajang yang sembarangan. Acara ini tiap tahunnya disaksikan sekitar 500 ribu orang dan diikuti oleh puluhan ribu peserta dari berbagai belahan dunia. Tahun 2013 ini, tercatat sekitar 26.000 peserta ikut serta pada pagelaran ini.

Boston Marathon pun menjadi daya tarik bagi turis. Mereka dapat turut serta atau menyaksikan puluhan ribu orang yang lari maraton dari pinggir jalan. Sekaligus, jalan-jalan berkeliling Kota Boston.

Garis finish Boston Marathon terletak di Boylston Street dekat dengan Taman Copley Square di Back Bay. Nah, Taman Copelay Square inilah merupakan tempat nongkrong favorit turis. Mereka bisa bersantai di bangku-bangku taman, mengunjungi Gereja Trinity, atau main-main di bawah pohon. Satu hal yang unik di sini adalah adanya patung kura-kura dan kelinci.

Rupanya, ini merupakan salah satu patung yang paling terkenal di Boston, namanya patung The Tortoise and The Hare. Selain itu, patung ini juga mempunyai hubungan yang erat dengan Boston Maraton. tak sedikit turis yang datang ke Boston, pasti berpose dengan patung tersebut.

Patung kura-kura dan kelinci terletak persis di tengah taman. Bentuknya cukup besar. Patung ini dibuat oleh Nancy Schon pada tahun 1995 dan merupakan tribut untuk pelari atau turis yang berpartisipasi dalam Boston Marathon.

Apa arti di balik patung kelinci dan kura-kura tersebut?

Dari situs Public Art Boston, patung kelinci dan kura-kura melambangkan usaha para peserta Boston Marathon untuk berlari. Nancy, sang pembuat patung menekankan pada usaha, bukan hasil. Hal ini berarti siapa yang bersungguh-sungguh, walaupun pelan, dia akan berhasil.

Semoga filosofi ini juga membantu aparat mengungkap dalang pemboman Boston Marathon. Jangan tergesa-gesa menuding kanan kiri. Namun bekerja dengan sungguh-sungguh walaupun perlahan, namun nanti bisa menangkap pihak yang bertanggung jawab.

0 komentar:

Post a Comment