Friday, April 26, 2013

Gumitir Cafe, Tempat Rehat Penghilang Penat di Banyuwangi


detikTravel Community - 

Badan pasti lelah saat menyusuri pantai utara Jawa sampai ke Banyuwangi, Jawa Timur. Mampirlah di Gunung Gumitir, perbatasan Jember-Banyuwangi. Ada cafe asyik untuk beristirahat setelah perjalanan panjang.

Cafe & Rest Area Gumitir diresmikan pada bulan Mei 2012. Anda dapat menikmati pemandangan alam di sekitar cafe sambil beristirahat. Ada Wisata Argo & Terowongan KA, Outbound dan Flying Fox, menyewa ATV, menyewa kuda di hari libur, Jeep Willys/Kereta Wisata, Kereta Kelinci di hari libur, area perkemahan dan arena bermain keluarga seperti ayunan, jungkat jungkit dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat fasilitas lain berupa lapangan olahraga, toilet, musala dan gedung pertemuan. Juga yang pasti membuat daya tarik cafe ini adalah sebuah kursi raksasa yang terbuat dari kayu. Kursi raksasa ini berukuran 3x3 meter. Memiliki tinggi alas kursi 2,5 meter dan tinggi 5,3 meter.

Kayu yang digunakan untuk membuat kursi ini adalah jenis Segawe (Adentahera microsperma) yang berdiameter rata-rata 40 cm dengan menggunakan 6 pohon. Anda dapat memilih satu di antara 8 gazebo dan 1 induk cafe yang ada. Kemudian anda akan disuguhi menu makanan dan minuman yang beragam yang cukup terjangkau harganya.

Mulai dari snack seperti pisang goreng coklat keju hingga aneka gorengan. Menu makanan berat juga beraneka ragam seperti pecel daging hingga mie rebus. Minuman berupa kopi asli juga kopi luwak yang terkenal, hingga es blended beraneka rasa ada di sini.

Setelah Anda beristirahat untuk sekedar duduk dan makan diiringi full musik. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah disekitar cafe dan menggunakan fasilitas yang ada.

Anda pasti penasaran dengan kursi raksasa dan ingin melihatnya lebih dekat. Anda dapat naik ke tempat duduk raksasa itu melalui tangga di samping kursi itu untuk mengabadikan dalam bentuk PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTAvMDMvZm90by10ZWxhbmphbmctZmFocmFuaS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPmZvdG88L2E+. Jumlah maksimal yang boleh naik adalah 5 orang saja dan anda harus berhati-hati karena kursi cukup tinggi.

Jika beruntung, anda bisa menikmati kopi gratis sepuasnya yang biasanya diberitahukan melalui spanduk. Acara ini biasa dilakukan sebulan 2 kali untuk acara promosi dan edukasi tentang kopi kepada konsumen. Anda akan disuguhi kopi gratis dan bisa menikmati kopi yang dicampur dengan beras ataupun jagung.

Anda dapat menikmati kopi jitu yaitu kopi dengan campuran kopi siji dan jagung pitu (kopi dengan satu bagian dan jagung dengan tujuh bagian). Ada pilihan lain juga yakni kopi nggereng, yaitu kopi angger ireng (kopi yang pokoknya berwarna hitam).

Jika anda kebetulan dari arah Banyuwangi, sempatkan untuk mampir di warung pecel pincuk, pecel yang menggunakan piring dengan alas daun pisang yang ada di pinggir jalan Garahan. Anda dapat memilih salah satu warung untuk menikmati nasi pecel, karena di sana akan banyak sekali warung pecel yang sama.

Pecel Garahan terkenal karena pedasnya yang benar-benar membuat Anda kepedesan meskipun anda sangat suka pedas. Anda bisa menambah lauk sesuai selera dan tentu dengan harga yang sangat terjangkau.

0 komentar:

Post a Comment