Wednesday, April 24, 2013

5 Hal yang Harus Wanita Ingat Saat Traveling


Jakarta - Traveler wanita lebih rawan mengalami tindak kriminal saat traveling. Tapi jangan takut, 5 hal berikut ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Ingat baik-baik dan terapkanlah selama di perjalanan!

Tak sedikit traveler wanita yang gemar jalan-jalan. Mereka tak kalah dengan traveler pria, ada yang suka mendaki gunung, berkeliling ke sudut-sudut kota, atau menyelami lautan. Tapi sayang, beberapa waktu ini banyak tindak kriminal yang terjadi pada traveler dunia seperti yang terjadi di India.

Namun, bukan berarti traveler wanita harus takut untuk traveling. Dilansir dari situs Government of Canada, Rabu (24/4/1023), berikut 7 hal yang harus wanita ingat saat traveling:

1. Pelajari destinasi tujuan sebelum traveling

Inilah hal utama yang harus Anda lakukan, yaitu pelajari destinasi tujuan Anda secara detil sebelum melakukan perjalanan. Pelajarilah rute-rute transportasi dan tempat-tempat penting, seperti kantor polisi atau rumah sakit. Anda bisa mengetahuinya melalui referensi teman yang dipercaya atau mengetahuinya melalui internet.

Jika Anda tersesat di jalan, jangan biasakan untuk membuka peta di jalan. Ini menunjukan Anda adalah seorang turis yang tersasar. Jika tidak mengetahui arah jalan, lebih baik tanyakan langsung kepada polisi.

Selain itu, pelajarilah budaya setempat. Jangan memakai pakaian yang terbuka saat berada di lingkungan dengan norma yang ketat. Hormatilah kebudayaan masyarakat sekitar.

2. Waspada terhadap orang yang baru dikenal

Berhati-hatilah terhadap orang yang baru Anda dikenal, baik itu pria atau wanita. Ada baiknya juga Anda waspada terhadap sesama traveler yang baru Anda temui.

Bukan berarti Anda menutup diri, tapi bersikap lebih melindungi diri. Jangan terlalu mudah percaya dengan apa yang mereka ucapkan, atau jangan mudah menerima makanan dan minuman dari mereka. Bukan apa-apa, tindakan kriminal bisa dilakukan oleh siapa saja. Bisa saja mereka mencuri barang milik Anda.

3. Naik taksi resmi

Jika Anda hendak naik taksi, maka carilah taksi yang resmi. Taksi resmi memiliki label perusahan di badan mobilnya. Untuk mengetahui taksi-taksi resmi, Anda bisa mencarinya terlebih dulu di internet atau melalui referensi hotel. Jangan biasakan memberhentikan taksi di pinggir jalan.

Selain itu, perhatikan nomor plat dan nomor taksi tersebut. Perhatikan juga papan nama sang pengemudi. Setelah di taksi, kuncilah pintu Anda dengan benar. Tak sedikit tindakan kriminal terjadi pada wanita saat berada di taksi.

4. Jangan pernah menerima tumpangan orang asing

Jika Anda tidak dapat taksi atau kendaraan umum, maka jangan sekali-kali menerima tumpangan orang asing. Menumpang kendaraan orang lain merupakan sesuatu yang biasa terjadi di beberapa negara di dunia. Tapi ingat, bagi wanita yang ditawarkan tumpangan dari orang asing, jangan naik! Lebih baik menunggu taksi atau kendaraan umum lainnya meski harus menunggu lama.

5. Jangan takut untuk teriak

Teriaklah jika Anda merasa dalam bahaya. Jangan berdiam diri dan justru tidak berani melakukan apa-apa ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Teriakan atau sebuah peluit dapat membantu Anda untuk menarik perhatian masyarakat sekitar. Hal ini dapat mengurungkan niat orang yang ingin mencelakakan Anda dan mungkin melarikan diri. Anda pun aman.

Itulah 5 hal penting yang harus diingat perempuan saat traveling. Siapkan peralatan dan kebutuhan Anda sebelum perjalanan dimulai. Nikmati setiap langkah di destinasi tujuan Anda. Selamat traveling!

0 komentar:

Post a Comment