Monday, April 15, 2013

5 Cara Makan Murah Atau Gratis Saat Traveling


Jakarta - Makan dan traveling tidak bisa dipisahkan. Beberapa orang rela mengeluarkan banyak uang untuk makan mewah, beberapa lainnya tidak. Inilah 5 cara mendapat makanan murah sampai gratis waktu liburan.

Menghemat adalah kegiatan favorit traveler saat pengeluaran liburan sudah terlalu banyak. Salah satu menghemat adalah mengetatkan budget makan. Dari Huffington Post, Selasa (15/4/2013) berikut 5 cara mendapat makanan murah sampai gratis saat berlibur:

1. Ikut festival makanan

Festival makanan adalah salah satu acara yang dinantikan banyak orang, termasuk para traveler yang ingin menghemat biaya makanan. Datang saja ke festival setempat dan nikmati makanan enak dengan harga yang murah, bahkan gratis!

Anda bisa berkeliling ke stand-stand untuk mencicip makanan. Beberapa stand memberikan makanan dengan cuma-cuma, beberapa lainnya menjual dengan harga yang bersahabat. Pilih makanan favorit Anda dan isi perut Anda hingga penuh dengan cara yang menyenangkan.

2. Menonton acara memasak

Satu lagi cara asyik mendapat makanan gratis, yaitu menonton acara memasak. Cari tahu di mana dan kapan ada acara memasak, dan daftarkan diri menjadi penonton di acara tersebut.

Memang butuh sedikit usaha untuk mencari tahu di mana ada acara memasak. Namun jika dibanding dengan hasil yang akan didapat, rasanya usaha sedikit pun tak apa. Siapa yang tak ingin makanan enak dan gratis, plus terekam dan masuk acara TV setempat? Asyik kan!

3. Ikut pesta

Pesta tak hanya tempat untuk bertemu teman dan suasana baru, tapi juga makanan gratis. Jika kebetulan bertemu teman baru dan mengundang pesta ke tempatnya, bisa jadi ini kesempatan menghemat uang makan.

Biasanya disediakan beberapa camilan bahkan makanan berat saat pesta. Jika kebetulan Anda berlibur bersama teman, tawaran berpesta dengan orang baru bukanlah hal yang tak mungkin. Namun jika Anda sendiri, harap berhati-hati dengan orang yang mengajak pesta.

4. Simpan sarapan

Jangan langsung pergi setelah selesai sarapan di hotel. Ini memang cara yang sedikit culas, yaitu mengambil makanan untuk dimakan siang nanti. Anda bisa mengantongi satu atau dua roti dan jus yang bisa dikonsumsi saat siang.

Bawalah yang kira-kira awet dan mudah disimpan di dalam tas. Ini bisa menghemat pengeluaran makan siang Anda. Kalaupun masih lapar, setidaknya Anda hanya mengeluarkan sedikit uang untuk makan.

5. Ikut acara atau kegiatan lokal

Beberapa tempat, pada waktu-waktu tertentu, membuat acara atau kegiatan lokal termasuk pernikahan. Biasanya diadakan saat hari besar, para warga lokal mengadakan acara besar ataupun kecil. Pada saat seperti ini, makanan disajikan dengan bebas.

Anda bisa mengikuti acara ini dari awal hingga akhir. Tak jarang, makanan dibagikan dengan mudah dan bebas. Selain mendapat makanan gratis, Anda pun bisa lebih mendalami budaya lokal yang ada di sana.

0 komentar:

Post a Comment