Wednesday, March 6, 2013

Wisata Arung Jeram, Indonesia Surganya!


Jakarta - Arung jeram menjadi salah satu dari jenis kegiatan wisata adrenalin. Indonesia pun memiliki 5 sungai dengan jeram dan arus sungai yang sangat dahsyat. Jika punya nyali, cobalah datangi tempat-tempat berikut ini!

Bagi traveler penantang adrenalin, arung jeram adalah kegiatan yang mengasyikan. Di atas perahu karet, Anda akan bekerja sama dengan tim untuk menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Jeram dan arus sungai yang deras menjadi tantangan yang harus dilalui. Basah-basahan, itu sudah pasti!

Disusun detikTravel, Kamis (7/3/2013), berikut 5 lokasi arung jeram di Indonesia yang menantang dan wajib didatangi:

1. Sungai Alas, Aceh

Mulailah nyali Anda dari barat Indonesia. Di Taman Nasional Leuser, Aceh, terdapat Sungai Alas yang terkenal dengan arus derasnya. Sungai yang bermuara di Samudera Hindia ini cocok bagi pemula ataupun yang profesional. Grade sungai ini adalah 3-4.

Sungai Alas tepatnya terletak di 165 km tenggara Kota Takengon, Aceh Tengah. Siapkan stamina, karena biasanya perjalanan mengarungi Sungai Alas bisa mencapai 6 jam lamanya. Arus yang deras dan jeram akan banyak ditemui di sepanjang perjalanan.

Asyiknya, Anda akan mengarungi sungai yang mengalir di tengah-tengah hutan rimba. Jangan heran, banyak satwa seperti rusa, monyet, atau burung-burung yang mudah ditemui. Bagi pemula, pengarungan Sungai Alas dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang. Sedangkan untuk yang profesional, Anda bisa mengambil rute yang lebih jauh, yaitu mulai dari Angusan dekat Blangkejeran. Seru banget!

2. Sungai Citarik, Sukabumi

Tak jauh dari Jakarta, Anda bisa merasakan sensasi arung jeram yang menantang di Sungai Citarik. Sungai ini berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Sungai Citarik dengan grade 3 ini tak pernah sepi wisatawan terutama pada akhir pekan.

Beberapa rute menjadi pilihan bagi Anda untuk memacu adrenalin. Tinggal pilih, mau perjalanan selama 1 jam dengan jarak tempuh 5 km atau 4 jam dengan jarak tempuh 17 km. Stamina Anda akan terkuras saat menjaga keseimbangan di atas perahu karet.

Bebatuan sungai yang bertebaran di sepanjang perjalanan menjadi tantangan tersendiri. Anda harus kompak dengan tim untuk melawti rintangan tersebut. Udara segar merupakan hal yang biasa di sini. Hiruplah udara sebanyak-banyaknya saat Anda beristirahat. Tak hanya itu, beberapa air terjun di Sungai Citarik pun menjadi daya tarik tersendiri.

3. Sungai Elo, Magelang

Di Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, adrenalin Anda akan dipacu saat arung jeram di Sungai Elo. Tak sulit untuk datang ke sini, letaknya dekat dengan Candi Borobudur atau sekitar 40 menit dari Yogyakarta.

Perjalanan mengarungi Sungai Elo memakan waktu 2 sampai 3 jam. Kedalaman sungai yang berbeda dan jeramnya yang cukup deras, membuat Anda harus ekstra hati-hati. Arusnya pun terkenal deras!

Sungai Elo mempunyai grade 2-3. Sungai ini pun dapat dijajal bagi Anda yang baru mencoba kegiatan arung jeram. Meski tantangannya membuat jantung deg-degan, nuansa sekitar yang alami dan sejuk akan membuat diri Anda nyaman saat beristirahat. Keindahan, kesejukan, dan rindangnya pohon-pohon di sekitar Sungai Elo selalu menghipnosis para peserta arung jeram.

4. Sungai Ayung, Bali

Bali tidak hanya untuk bersantai atau berjemur di tepian pantai. Di Pulau Dewata ini, Anda juga bisa memacu adrenalin dan membuktikan nyali. Cobalah bermain arung jeram di Sungai Ayung yang berada berada di daerah Desa Payangan, Ubud.

Kegiatan arung jeram di Sungai Ayung, dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan. Anda akan menempuh perjalanan selama 2 jam dengan jarak 12 kilometer. Arus yang deras dan bebatuan sungai yang besar akan menantang Anda sepanjang perjalanan. Siap-siap memecah keheningan Ubud dengan teriakan Anda!

Grade Sungai Ayung adalah 2-3. Sungai ini juga cocok bagi para pemula. Yang unik di Sungai ayung adalah Anda dapat melihat pahatan-pahatan tebing yang indah dan besar karya seniman Ubud di beberapa titik. Tak hanya wisatawan dalam negeri, turis mancanegara juga gemar bermain arung jeram di sini.

5. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Sungai Nimanga di Sulawesi Utara juga bisa masuk dalam daftar Anda selanjutnya. Sungai ini terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sungai Nimanga akan memberikan pengalaman uji adrenalin yang berbeda.

Bayangkan, Anda akan bertemu jeram setinggi 4 meter! Ya, Sungai Nimanga memang terkenal dengan jeram-jeram yang menantang. Di sinilah keseimbangan, kerja sama, dan nyali Anda akan diuji. Tingkat grade di sini adalah 3-5, jadi harus hati-hati.

Mengarungi Sungai Nimanga bisa memakan waktu hingga 5 jam. Jika lelah, Anda dapat beristirahat di tepi sungai dan menikmati keindahan alamnya. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan yaki, monyet khas Sulawesi (Macaca nigra) dan tarsius.

Itulah 5 sungai yang menantang di Indonesia untuk arung jeram. Anda bisa menghubungi beberapa operator tur yang akan memfasilitasi perjalanan selama arung jeram. Ingat, baiknya Anda selalu waspada dan menuruti arahan dari pemandu. Selamat bersenang-senang dan menguji nyali!

0 komentar:

Post a Comment