Thursday, March 7, 2013

Traveling ke India, Wajib Tahu 4 Gerakan Dasar Tariannya


Jakarta - India identik dengan tarian. Saat traveling ke sana, Anda bisa menari bersama orang-orang India layaknya di film-film Bollywood. Jangan malu, pelajari dulu 4 gerakan tarian berikut ini!

Anda pasti tahu film Bollywood. Ini adalah industri film di India dan menjadi saingannya Hollywood, AS. Di film-film Bollywood, banyak menampilkan pria dan wanita yang menari bersama. Tarian-tarian di tiap filmnya menjadi daya tarik tersendiri.

"Bollywood menjadi atraksi yang memikat bagi siapa saja," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh dalam seminar Know India, di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Yang menarik, film-film di Bollywood menampilkan lanskap kota-kota cantik sekaligus destinasi wisata di India. Beberapa lanskap cantik tersebut berada di Agra, Jaipur, Delhi, dan masih banyak lagi.

Tak hanya soal destinasi, tarian-tarian di film-film Bollywood menjadi keunikan tersendiri. Jika Anda sedang traveling di India, bisa saja Anda diajak joged oleh masyarakat setempat.

"Semua film Bollywood pasti menari, Anda pun sebenarnya juga bisa menari ala Bollywood, mudah," kata pembawa acara seminar tersebut, Karampal Sandhu.

Karampal lalu mengajak 3 peserta seminar untuk maju ke depan. Dia kemudian mengajarkan 4 gerakan tarian ala film-film Bollywood. Dengan diiringi musik, karampal pun beraksi.

"Gerakan pertama, putar lampu bohlam Anda," ungkap Karampal.

Karampal mencontohkan, satu tangan diangkat ke atas lalu pergelangan tangannya memutar-mutar layaknya memutar lampu bohlam. Tak hanya itu, telapak tangan lainnya juga dapat ikut berputar. "Putar-putar satu tangan lagi seolah membuka pintu," ujar Karampal sambil bergaya.

"Gerakan kedua, mencuci baju lalu menjemurnya," cetus Karampal.

Karampal mencontohkan gerakan mencuci baju dengan tangan dan lalu menjemurnya. Kedua tangan bergerak bersamaan ke atas dan ke bawah. Para peserta seminar pun rupanya mengikuti gerakan Karampal. Sambil penuh tawa, peserta terlihat antusias.

"Yang ketiga, gerakannya seperti menyiram pohon," celoteh Karampal.

Karampal lalu menyodorkan tangan kanannya maju mundur seolah menyiram pohon. Satu tangannya diletakan di sebelah kuping sambil diputar-putar pergelangannya.

"Yang terakhir ini gampang, gerakannya seperti naik sepeda motor," ungkap Karampal.

Karampal lalu bergaya layaknya pembalap. Tangannya seolah-olah memegang stang motor sambil 'ngegas'. "Jangan lupa sambil putarkan badan Anda," ungkap kalampar yang disambut dengan tawa peserta.

"Itulah gerakan dasar pada film Bollywood, Anda bisa mencobanya sendiri," celoteh kalampar. Sudah siap berjoget India?

0 komentar:

Post a Comment