Monday, March 25, 2013

Presiden Obama Akan Buat 5 Monumen Nasional Baru di AS


New Mexico - Presiden Barack Obama, tidak tinggal diam saat dianggap tidak peduli dengan perlindungan lahan. Obama pun membuat 5 monumen nasional baru di AS. Nantinya, 5 monumen ini bisa jadi destinasi Anda berikutnya. Mau tahu?

Dikutip dari Travelers Today, Senin (25/3/2013), 5 monumen tersebut adalah Rio Grande del Norte National Monument di New Mexico, First State National Monument di Delaware, Charles Young Buffalo Soldiers National Monument di Ohio. Ada juga, Harriet Tubman Underground Railroad National Monument di Maryland dan San Juan Islands National Monument di negara bagian Washington. Sekarang monumen-monumen ini akan dilindungi sebagai landmark.

Pembuatan 5 monumen nasional baru ini pun dilindungi oleh Undang-undang Kepurbakalaan. Ini adalah UU perlindungan hukum yang pertama kali digunakan oleh Theodore Roosevelt pada tahun 1906 ketika mempertahankan Devils Tower National Monument di Wyoming.

Tak cuma membuat 5 monumen nasional baru, Obama juga akan menjadikan 5 tempat wisata sebagai 4 monumen nasional AS. Keempat monumen tersebut adalah Cesar E. Chavez National Monument, Fort Monroe National Monument, Fort Ord National Monument dan Chimney Rock National Monument.

Monumen baru tersebut diperluas sampai 1.000 hektar di San Juan Islands dan Tubman. Sedangkan di situs Young, New Mexico areanya menjadi 240.000 hektar. Presiden sempat disorot soal hal ini, karena menggunakan lahan konservasi sebagai tempat pengeboran gas dan minyak. Pihak pemerhati lingkungan merasa tidak diperhatikan.

Pada bulan Februari 2013, Menteri Dalam Negeri AS di bawah Clinton, Bruce Babbit memberikan kritik untuk Obama dalam pidatonya. Ia mengkritik Obama karena tidak memberikan perhatian untuk perlindungan lahan. Bukan malah menciptakan lahan untuk pengeboran.

"Sejak lama setiap tahunnya, (Obama) lebih memilih untuk menyewa 6 juta hektar lahan ketimbang harus melindungi 2,6 juta hektar lahan secara permanen," kata Bruce Babbit.

Langkah pembuatan monumen-monumen itu dianggap sebagai 'balas budi' dari Presiden Obama dan Wakil Presiden Joe Biden yang berasal dari Delaware. Ya, Delaware juga menjadi lokasi untuk pembuatan First State National Monument.

"Monumen nasional ini akan menjadi sejarah penting di tempat saya bermain dan AS. Saya merasa bangga menyebut Delaware sebagai rumah," kata Bidden.

0 komentar:

Post a Comment