Wednesday, March 6, 2013

Penumpang Akan Dibolehkan Bawa Pisau Kecil di Penerbangan AS


New York - Banyak aturan yang harus dipatuhi saat traveling naik pesawat, salah satunya, larangan membawa senjata tajam. Tapi Transportation Security Administration (TSA) baru-baru ini mengumumkan, penumpang akan bisa membawa pisau lipat ke dalam pesawat.

Transportation Security Administration (TSA) akan memperbolehkan penumpang membawa pisau kecil, stik golf, dan stik hoki ke dalam kabin pesawat. Dari USA Today, Rabu (6/3/2013), Kepala TSA John Pistole mengumumkan hal ini hari Selasa (5/3) lalu di New York.

Peraturan ini mulai aktif tanggal 25 April 2013 mendatang. Peraturan yang akan diterapkan di AS ini rencananya juga akan diaplikasikan ke seluruh negara. Ini adalah pertama kalinya TSA melonggarkan keamanan penumpang pesawat setelah kejadian 11 September 2001 silam.

Seperti diketahui, 4 pesawat dibajak teroris dan menabrakkan diri ke gedung World Trade Center pada 11 September 2001. Dari kejadian itulah, pihak keamanan bandara terutama AS, mengetatkan aturan dalam barang-barang yang berpotensi membahayakan.

Menurut Pistole, mereka ingin petugas keamanan bandara lebih fokus kepada benda-benda yang bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar di pesawat. Namun silet dan cutter, benda tajam yang digunakan oleh para teroris 11 September itu, tetap tidak boleh masuk pesawat.

Adapun benda tajam atau yang berpotensi bahaya yang diperbolehkan dibawa ke pesawat antara lain pisau tanpa pegangan atau pisau yang panjangnya kurang dari 6 cm, atau tongkat baseball yang panjangnya kurang dari 60 cm dan beratnya kurang dari 0,6 kg. Tongkat biliar, tongkat ski atau hoki dan stik golf juga masuk daftar benda yang boleh dibawa ke pesawat.

Namun kelompok koalisi awak kabin tidak menyetujui hal ini. Menurut presiden uni awak kabin Southwest Airlines, Stacy Martin, ini adalah hal sembrono yang tidak dipikirkan dengan matang.

Karena, menurut Martin, hal ini mungkin tidak membahayakan pilot karena ruangan kokpit sudah lebih aman dibanding yang sebelumnya. Namun peraturan ini akan membahayakan awak kabin dan para penumpang. Sebelumnya, TSA juga memperbolehkan korek gas dan gunting kuku dibawa serta oleh penumpang pesawat.

0 komentar:

Post a Comment