Saturday, March 9, 2013

Krui, Keindahan di Balik Rimbunnya Hutan Lampung Barat


detikTravel Community - 

 

Krui adalah salah satu kota di bagian barat Provinsi Lampung. Kota ini tak hanya dikaruniai keindahan alam, tapi juga sumber daya alam dari hutannya. Krui juga dikenal sebagai sentra kerajinan kain khas Lampung.

Krui bisa ditempuh sekitar 5 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung. Ini adalah ibukota Lampung Barat sebelum dialihkan ke Liwa. Potensi wisata Krui tak hanya sebatas keindahan alam, tapi juga sumber daya alam dari hutannya. Kopi, lada, vanili, dan beragam hasil bumi lainnya. Selain itu, Krui juga dikenal sebagai sentra kerajinan kain tapis alias kain khas Lampung.

Untuk mencapai Krui, wisatawan bisa melewati Tanggamus. Jalurnya lebih sepi dan lebih cepat jika dibandingkan dengan Kotabumi di Lampung Utara. Kita akan melewati kawasan Bukit Barisan Selatan. Jika beruntung, kita bisa melihat hewan-hewan langka. Tapi semoga saja kita tidak bertemu gajah atau harimau Sumatera yang terkenal ganas itu.

Merunut ke belakang, 5 tahun yang lalu, kalau lewat kawasan ini malam hari kita bisa melihat hewan-hewan ini. Bahkan tak jarang kendaraan menunggu mereka melewati jalan raya. Bahkan, ada pantangan bagi penduduk lokal untuk tidak menyebut nama binatang-binatang ini melainkan dengan sebutan tertentu.

Sebutan itu aalah "mbah", "raja", atau "pangeran". Tetua kampung melarang penduduk setempat menyebut nama hewan itu, apalagi 3 kali. Konon, bisa-bisa mereka akan muncul langsung di hadapan kita.

Krui tersohor oleh keindahan pantainya. Tanjung Setia misalnya, jadi tempat favorit turis asing untuk berselancar. Tak perlu jauh-jauh ke Bali yang ramai itu.

Banyak penginapan tersebar di Krui, namun masih dengan fasilitas seadanya. Mesin ATM pun baru satu yang tersedia. Namun justru karena kesederhanaan itu, Krui jadi tempat yang asyik untuk eskapisme karena masih alami. Penduduknya juga ramah, mereka akan memberitahu wisatawan jalan menuju suatu tempat kalau kita bertanya. Pokoknya aman!

 

0 komentar:

Post a Comment