Thursday, March 21, 2013

Festival Tertua & Terbesar di Maluku Utara Siap Digelar


Jakarta - Legu Gam adalah festival tertua sekaligus terbesar di Maluku Utara. Di tahun ke-11 ini, festival yang digelar di Ternate ini punya beragam acara seru dan menarik. Apa saja?

"Ada banyak kegiatan mulai dari pawai obor, tari bersama, hingga menaiki perahu untuk melakukan upacara adat," kata Permaisuri Ternate, Ratu Nita Budhi Susanti di Balairung Soesilo Soedarman Gd Sapta Pesona, Jl Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Biasanya festival rakyat ini berlangsung selama 1 bulan. Namun tahun ini, acara berlangsung hanya selama 2 minggu. Tapi menurut Ratu Nita, acara tidak kalah seru dan bervariatif.

Tema tahun ini adalah 'Welcome to Dream Island with Paradise Culture'. Para wisatawan yang ingin bergabung dengan festival ini bisa memilih acara favoritnya.

Ada pawai obor Gam Ma Cahaya yaitu arak-arakan obor yang dimulai dari halaman Kedaton Kesultanan Ternate. Ada juga kirab budaya Pelangi Kie Raha yang merupakan penampilan ragam budaya dan adat Ternate. Masih banyak acara lain yang tak kalah menarik untuk diikuti.

Acara yang dimulai tanggal 31 Maret dan berpuncak tanggal 13 April 2013 ini juga akan diisi oleh pagelaran acara yang akan dicatat sebagai rekor MURI.

"Nanti ada makan nasi jaha yang panjangnya sampai 10 km. Ini akan dicatat dalam rekor MURI," lanjut Permaisuri.

Jangan takut bosan atau kehabisan acara, karena festival ini juga menggelar acara tari semalam suntuk. Kegiatan yang bernama Baronggeng Semalam Suntuk menjadi puncak acara kali ini. Wisatawan bisa menari sampai pagi!

0 komentar:

Post a Comment