Sunday, February 10, 2013

Transportasi Jadi Kendala Utama Wisatawan di Bangka Belitung


Jakarta - Bangka Belitung punya banyak potensi wisata, terutama pantai yang menawan. Sayangnya, ada beberapa kendala yang menjadi masalah utama wisatawan berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi tersebut. Transportasi adalah salah satunya.

Keindahan batu granit, pantai pasir putih, dan bawah laut Bangka Belitung sudah tersohor ditelinga wisatawan. Tapi, masalah transportasi menjadi kendala utama untuk berkunjung ke sana.

"Beberapa kendala seperti transportasi, masih menjadi masalah bagi wisatawan untuk datang ke Bangka Belitung," kata Wakil Bupati Kab Belitung, Sahani Saleh dalam Press Conference Belitong Beach Festival & Expo 2013 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (10/2/2013).

Kendala transportasi ini diperparah dengan pailitnya maskapai Batavia Air. Soalnya, penerbangan ke Provinsi Babel hanya tersedia oleh maskapai Batavia Air dan Sriwijaya Air.

"Dalam sehari Sriwijaya melakukan penerbangan sebanyak 4 kali. Meski cuma 45 menit, tarif yang diberikan relatif mahal," tambah Sahani.

Dari segi transportasi laut, izin operasi pelabuhan juga tak kunjung dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Padahal, perbaikan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia di areal pelabuhan secara perlahan sudah dilakukan.

Bangka Belitung mempunyai sekitar 100 pulau. Sayangnya, hanya kurang dari 10 pulau yang dihuni oleh warga. Sisanya dimiliki oleh pihak swasta, yang membuat pemerintah setempat kurang maksimal dalam mengembangkan potensi-potensi wisata di tiap pulaunya. Namun, pemerintah setempat masih mencari investor untuk meningkatkan pariwisata di pulau-pulau yang tersedia.

"Jadi berbagai upaya kami lakukan untuk menarik wisatawan dan investor dengan berbagai acara, salah satunya adalah Belitong Beach Festival & Expo 2013," ujar Sahani.

Provinsi Bangka Belitung juga akan ikut berpartisipasi di pameran wisata terbesar di dunia, ITB Berlin, Jerman, pada 5-10 Maret 2013. Nantinya, Bangka Belitung juga akan membuka business meeting dengan mempromosikan wisata dan menyediakan fasilitas bagi rekan media Jerman yang ingin datang ke Belitong Beach Festival & Expo 2013.

"Selain itu, kita juga akan membuka jaringan dengan insan dan biro pariwisata di Berlin, untuk bisa bekerja sama," tegas Sahani.

0 komentar:

Post a Comment