Tuesday, February 26, 2013

Perahu Pinisi akan 'Berlabuh' di Jerman


Jakarta - Indonesia punya cara unik dalam partisipasi pameran wisata terbesar di dunia, ITB Berlin di Jerman. Untuk menarik minat pengunjung, nantinya paviliun Indonesia akan berbentuk seperti perahu pinisi. Seperti apa ya?

ITB Berlin adalah ajang untuk mengenalkan beragam wisata di Indonesia. Ini merupakan pameran wisata terbesar di dunia. Peserta dari ratusan negara dan ratusan ribu pengunjung akan meramaikan pameran yang berlangsung tanggal 6-10 Maret 2013 mendatang.

"Paviliun Indonesia akan berdesain perahu pinisi," kata Direktur Pemasaran Indonesia Kemenparekraf, Esthy Reko Astuty saat acara konferensi pers pre-event ITB Berlin 2013 Indonesia the Official Partner Country di Opal Room, Hotel Grand Mercure, Jl Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa (26/2/2012).

Oleh sebab itu, paviliun Indonesia akan memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari paviliun negara lain. Paviliun Indonesia yang memiliki desain perahu pinisi ini nantinya akan menempati area seluas 542 m2.

"Desainnya ini menggambarkan Indonesia sebagai maritim, makanya kita mengangkat perahu pinisi," ujar Esthy.

Uniknya lagi, di depan paviliun akan dibuat replika anjungan perahu pinisi. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Dijamin, pengunjung akan kaget dan tertarik saat mengunjungi paviliun Indonesia.

Perahu pinisi merupakan kebanggan dari masyarakat Bugis, Sulawesi. Selain itu, para penari dari Makassar pun akan menampilkan Tari Pakarena sebagai pertunjukan. Ini adalah tarian yang biasa dipersembahkan untuk tamu kerajaan.

Tema anjungan Indonesia pada ITB Berlin tahun ini adalah Wonderful Indonesia, The World's Heart of Wonders. Di dalam anjungannya, terdapat banyak informasi tentang destinasi Indonesia.

"Di dalam paviliun terdapat 90 industri pariwisata, seperti tur operator, hotel, resor, badan promosi wisata daerah, dan lainnya" tegas Esthy.

0 komentar:

Post a Comment