Monday, February 18, 2013

Kemping Seru Bersama Keluarga di Batu Tapak, Sukabumi


detikTravel Community - 

Tak cuma traveler muda pecinta alam yang bisa menikmati liburan sambil kemping. Di Batu Tapak, Sukabumi, ada bumi perkemahan yang ramah untuk keluarga sehingga anak-anak pun bisa asyik liburan di sana.

Merasakan sejuk dan segarnya udara pegunungan dengan pemandangan alamnya yang asri sungguh liburan yang menyejukkan. Tak lupa, menikmati kerlap-kerlip bintang di langit pada malam hari serta indahnya matahari terbit dari balik puncak gunung pun menyempurnakan segalanya.

Ingin agar anak Anda mengenal alam dan merasakan petualangan di alam bebas, lengkap dengan pengalaman di dalamnya? Tak ada salahnya sekali-kali mengajak anak berenang di air terjun, berjalan menyusuri jalan setapak di hutan, atau merasakan sejuk dan segarnya udara pegunungan dengan pemandangan alamnya yang asri. Itupun belum cukup, anak-anak masih bisa menikmati kerlap-kerlip bintang di langit pada malam hari serta indahnya matahari terbit dari balik puncak gunung.

Salah satu tempat yang menyediakan area untuk kemping keluarga adalah Batu Tapak Camping Ground. Terletak di Gunung Salak, tepatnya di Desa Cidahu, Sukabumi. Perjalanan dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 2-3 jam.

Setelah keluar dari Tol Jagorawi, terus ke arah Sukabumi. Sekitar 17 km dari Ciawi akan ketemu Pasar Cicurug yang sedikit macet, setelah itu belok kanan ke arah Javana Spa. Ikuti saja jalan tersebut sampai bertemu Batu Tapak Camping Ground.

Saat itu kami kemping berenam. Saya, istri, kedua anak saya berumur 7 tahun dan 6 tahun, ibu saya berumur 72 tahun dan keponakan saya yang masih remaja. Perkemahan ini menyediakan beberapa spot lokasi kemping, dari yang dekat parkiran mobil, sampai ada juga yang agak jauh dari parkiran tetapi dekat dengan sungai dan air terjun.

Untuk kemping juga terdiri dari beberapa paket. Ada yang VIP dengan fasilitas sangat nyaman, tenda dilengkapi dengan kasur, selimut, meja dan kursi serta sarapan pada pagi harinya. Ada juga yang hanya menggunakan sleeping bag. Untuk MCK, kondisi kamar mandi baik dan bersih, lokasinya dekat dengan perkemahan dan dilengkapi pula dengan air panas.

Sebenarnya ada restoran di lokasi perkemahan. Tetapi pada saat saya ke sana, menu makanan yang tersedia belum lengkap, mudah-mudahan saat ini menunya sudah lebih lengkap lagi.

Pengelola lokasi juga bisa menyediakan api unggun apabila diperlukan. Kalau saya lebih memilih barberque sendiri. Kebetulan saya membawa perlengkapan sendiri dari Jakarta. Menyantap seafood bakar di puncak gunung, ditemani kerlap-kerlip bintang, sambil menikmati pemandangan cahaya lampu pemukiman di kaki gunung. Mantap!

Pagi harinya, beragam kegiatan bisa dijalani. Mulai dari menikmati sunrise di balik Gunung Gede, trekking menuju air terjun, berjalan di pematang sawah sambil menikmati segarnya udara pagi dan hijaunya pepohonan, dan diakhiri dengan berenang di dinginnya air terjun. Back to nature!

Wisata keluarga memang bisa di mana saja. Yang terpenting adalah bisa bermanfaat dan dinikmati seluruh anggota keluarga bersama-sama.

No comments:

Post a Comment