Thursday, February 14, 2013

Bermalam di Bandara, Ingat 6 Hal Ini!


Jakarta - Mendapatkan jadwal terbang di pagi buta atau tiba saat lewat tengah malam kadang memaksa traveler untuk menginap di bandara. Jangan khawatir, selalu ingat 6 hal ini saat bermalam di sana.

Tak perlu takut untuk menginap di bandara. Sebab biasanya Anda tidak akan seorang diri. Ada traveler lainnya yang biasanya juga bermalam di bandara ketika ingin terbang di pagi hari atau datang saat lewat tengah malam. Agar bermalam di bandara aman dan nyaman, berikut 6 tipsnya dari situs Sleeping in Airports, Kamis (14/2/2013):

1. Perhatikan keamanan

Saat memutuskan untuk menginap di bandara, coba cari wisatawan lain yang berniat serupa dengan Anda. Carilah tempat untuk tidur yang tidak jauh dari mereka. Sebab bermalam di tempat yang sepi jauh lebih berisiko.

Tapi, jangan berarti Anda boleh lengah dan percaya begitu saja dengan orang lain di sana. Tetap jaga barang bawaan Anda selama bermalam di bandara. Caranya, hadapkan restleting tas ke arah badan Anda, ke lantai, atau ke tembok. Bisa juga dengan cara memeluk tas yang tidak terlalu besar, atau ganjal dengan kaki Anda sendiri.

Hal ini membuat orang lain akan kesulitan untuk membuka tas Anda. Bagi yang pergi berkelompok, cobalah membagi tugas untuk mengamankan tas saat tidur. Tapi bagi Anda para solo traveler, jangan pernah pergi tanpa membawa tas, termasuk ke toilet. Lebih baik repot sedikit daripada kehilangan barang berharga.

2. Lebih awal sampai di bandara

Ada banyak wisatawan lainnya yang punya rencana sama seperti Anda. Jika ingin mendapatkan tempat bermalam yang nyaman, datanglah lebih awal ke bandara. Sebab jika sudah terlalu malam, bandara tidak hanya penuh oleh traveler yang mau berangkat, tapi juga mereka yang baru saja mendarat.

3. Cari tempat untuk tidur di lokasi lain

Jika Anda terlambat mendapatkan tempat yang nyaman, atau justru tidak kebagian tempat untuk tidur, tak perlu khawatir. Cobalah untuk cari lokasi di luar terminal keberangkatan Anda. Tapi ingat, jangan terlalu jauh jika tak ingin terlambat keesokan harinya.

Saat kebanyakan traveler memilih menginap di terminal keberangkatan, terminal kedatangan pasti jauh lebih sepi. Jelas saja, kebanyakan penumpang pesawat yang sudah tiba biasanya lebih memilih langsung menuju tempat tujuan dibandingkan menginap semalam di bandara.

4. Kenakan pakaian yang nyaman

Ingin menginap di bandara, perhatikan juga cuaca setempat. Jika malam-malam biasanya sangat panas, jangan gunakan baju yang tebal. Begitu juga sebaliknya, saat cuaca sedang dingin, jangan ragu untuk mengenakan jaket tebal, celana panjang, kaus kaki, atau kalau perlu selimut berukuran kecil.

5. Berpura-pura nyaman

Ingat, bandara bukan hotel atau penginapan yang punya segalanya. Ketidaknyamanan saat bermalam di sana tentu menjadi risikonya. Jangan mudah mengeluh dan terlihat tidak betah. Hal ini bisa mengundang orang lain berniat jahat kepada Anda.

6. Siapkan persediaan makan

Tidak semua toko di bandara buka 24 jam. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menginap, lebih baik siapkan perbekalan makan untuk tengah malam. Tak usah terlalu berat, roti, susu kemasan, dan beberapa snack lainnya sepertinya cukup untuk menemani malam Anda di bandara.

0 komentar:

Post a Comment