Friday, February 22, 2013

Aneka Bandara Khusus Maskapai Bujet, Keren!


Jakarta - Kebanyakan, pesawat dari maskapai bujet mendarat di bandara berbeda. Namun tidak semua negara menomorduakan bandara untuk maskapai berbiaya rendah. Inilah 5 bandara khusus maskapai bujet terkeren di dunia.

Beberapa negara membuat bandara khusus untuk pesawat maskapai bujet, beberapa lainnya membuat bandara khusus. Meski khusus, tidak melulu berarti bandara tersebut terbatas atau tidak terurus. Ditengok dari World Airport Awards, Jumat (22/2/2013), berikut 5 terminal khusus maskapai bujet yang memukau dan mendapatkan penghargaan bandara maskapai bujet terbaik 2012:

1. Bandara London Stansted, Inggris

Bandara London Stansted di Stansted Mountfitchet, Essex, ini menjadi bandara khusus untuk pesawat-pesawat dari maskapai bujet. Ryanair memiliki basis paling besar di bandara ini. Ada 12 maskapai yang beroperasi di bandara ini.

Meski khusus maskapai bujet, bandara ini memiliki pelayanan yang profesional, demikian dikutip dari London Stansted Airport. Ada akses internet, kamar mandi, gereja, dan ruang ibadah multiguna di sini. Selain itu, ada 60 toko, bar, restoran, kafe dan juga lounge yang bisa dinikmati para penumpang selagi menunggu pesawat.

2. Bandara Luton, Inggris

Masih di Inggris, Luton menjadi bandara bujet yang terbilang keren. Ada 9,5 juta penumpang yang datang dan pergi di bandara ini selama setahun. Bandara Luton menampung maskapai bujet antara lain EasyJet, Monarch, Thomson Airways dan Ryanair.

Destinasinya mencakup Eropa, Afrika dan Asia. Tersedia beragam restoran, bar dan lounge yang bisa dinikmati para pengunjung. Bagi penumpang yang sudah check in, masih bisa belanja dan makan di bagian dalam terminal. Sehingga, waktu menunggu bisa tidak terlalu terasa dengan beragam kegiatan tersebut.

3. Bandara Brussels South Charleroi, Belgia

Di Wallonia, Belgia, ada bandara khusus bujet yang memiliki fasilitas tak kalah baik dari bandara reguler. Bandara Brussels South Charleroi menampung 6 juta penumpang per tahun. Selain itu, bandara ini juga jadi tempat sekolah aviasi seperti Belgian Flight School, NewCAG dan Brussels Aviation School.

Ada 4 maskapai yang beroperasi di sini antara lain Ryanair, Wizz Air, Freebird Airlines, dan Jetairfly demikian ditengok dari situs resmi Bandara Brussels South Charleroi. Petugas yang kooperatif, akses yang mudah dan beragam toko, restoran dan fasilitas pendukung lain menjadikan bandara ini salah satu yang terkeren di dunia.

4. LCCT Kuala Lumpur, Malaysia

Mengikuti tren perkembangan pasar yang semakin besar, Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia membuat terminal khusus untuk maskapai bujet bernama Low Cost Carrier Terminal (LCCT). Awalnya, terminal ini dikhususkan untuk pesawat kargo. Namun kemudian, dipoles menjadi terminal bujet.

Salah satu maskapai bujet yang aktif di sini adalah AirAsia. Seperti terminal lainnya, tersedia fasilitas pendukung seperti restoran, kafe, toko dan lainnya. Ruang tunggu yang luas pun jadi salah satu nilai lebih terminal khusus maskapai bujet ini.

5. Bandara Frankfurt Hahn, Jerman

Salah satu bandara khusus maskapai bujet terkeren di dunia adalah Bandara Frankfurt Hahn. Letaknya 10 km dari Kota Kirchberg, tepatnya, bandara ini berada di antara Frankfurt dan Luxemburg. Ada 3 maskapai yang aktif di sini antara lain Ryanair, SunExpress, Wizz Air.

Di sana, pengunjung bisa berbelanja di area duty free ataupun di luar itu. Ada deretan toko fashion yang bisa ditemui di sana. Dari situs resmi Hahn Airport, pengunjung bisa menemukan koleksi fashion terbaru dari merk-merk terkenal di Jerman.

0 komentar:

Post a Comment