Friday, February 8, 2013

Alat Sakti Ini Tahu Kalau Koper Anda Dibanting


London - Tak ada yang bisa mengetahui keadaan koper dan bagaimana koper itu diperlakukan saat berada di bagasi. Sebuah alat keluaran Inggris bisa mengirimkan laporan via ponsel bagaimana koper Anda diperlakukan.

Dari Telegraph, Jumat (8/2/2013), adalah alat bernama DropTag yang akan membuat para traveler lebih tenang. Traveler bisa mengetahui apakah kopernya diperlakukan dengan baik atau malah dilempar-lempar.

Alat berbentuk segi delapan atau oktagon ini dikeluarkan oleh perusahaan teknologi asal Inggris bernama Cambridge Consultants. Tidak cuma di koper, ternyata DropTag bisa dimasukkan ke dalam barang bawaan lain seperti di dalam paket, atau tempat alat olahraga dan tempat alat musik.

Alat ini akan menyampaikan sensor apakah barang tersebut dijatuhkan atau dibawa dengan asal-asalan. Ketika itu terjadi, akan ada laporan yang masuk ke ponsel Anda.

Tidak semua getaran yang diterima oleh koper akan Anda terima karena alat ini bisa disetting. Anda tinggal memilih jenis getaran yang ingin dilaporkan ke ponsel. Pilih saja ingin laporan datang saat getaran separah apa, apakah getaran ringan, getaran standar atau getaran kuat seperti dibanting.

"Alat ini sangat sensitif, bahkan bisa mendeteksi keributan suara. Namun Anda bisa menyetting seberapa besar getaran yang ingin Anda tahu," kata Manager Pengembangan Bisnis di Cambridge Consultants, Tom Lawrie-Fussey seperti dikutip di Telegraph.

Alat ini rencananya akan didemonstrasikan di depan umum pada pameran industri Hannover Messe di Hannover, Jerman pada bulan April mendatang. Para pengembang pun akan memastikan harganya tidak akan terlalu mahal agar bisa terjangkau bagi para traveler.

0 komentar:

Post a Comment