Sunday, January 27, 2013

Tak Cuma Bali, Malang Juga Punya 'Tanah Lot'


detikTravel Community - 

Selain Pantai Kukup di Gunungkidul, DI Yogyakarta, ternyata keindahan alam mirip Tanah Lot juga ada di Malang, Jawa Timur. Pantai Balekambang namanya. Pantai ini juga ada pulau karang lengkap dengan pura di atasnya.

Mau merasakan suasana Tanah Lot, tidak usah jauh-jauh ke Pulau Dewata. Siapa sangka di Malang juga ada 'Tanah Lot', lho!

Pantai Balekambang berlokasi di selatan Kota Malang. Kurang lebih sekitar 30 Km dari Kota Kepanjen. Untuk sampai di pantai ini, kira-kira membutuhkan waktu selama 4 jam perjalanan dari Malang dan 5 jam dari Surabaya.

Bisa dibilang, Pantai Balekambang adalah replika atau tiruan Tanah Lot yang ada di Bali. Ya, karena sama-sama memiliki pulau karang dengan pura yang menjorok ke laut.

Jalur menuju pantai ini sangat menantang karena melewati desa yang berada di gunung dan juga menembus hutan. Apabila menggunakan mobil siap-siap saja Anda membawa dongkrak. Saat ini jalannya sudah rusak dan juga harus membawa ban serep untuk berjaga-jaga.

Di sini banyak backpaker dan traveler yang berkemah. Saat pagi dan sore kita bisa melihat sunrise dan sunset dengan sangat jelas.

Pantai ini akan sangat bagus, bila para pengunjungnya juga bisa menjaga kebersihan. Kalau para traveler tidak sadar akan kebersihan, bisa berakibat air lautnya menjadi keruh. Toiletnya juga bau karena para pengunjung tidak mau membayar dan menjaga kebersihan setelah menggunakannya.

Ayolah kawan, tolong dan mari kita jaga kelestarian alam. Agar kelak, anak cucu kita masih bisa menikmati keindahannya. Terlebih, agar alam tidak marah dengan kita.

0 komentar:

Post a Comment