Tuesday, January 1, 2013

Menikmati Keselarasan Alam di Grojogan Sewu, Jateng


detikTravel Community - 

Jika berlibur ke Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mampir ke Grojogan Sewu di Tawangmangu. Di sana, turis tak hanya disajikan keindahan air terjun yang memukau, tapi juga keselarasan yang apik antara alam dan monyet sebagai penghuninya.

Grojogan Sewu di Tawangmangu, Jawa Tengah memang bukanlah objek wisata baru. Ini adalah salah satu objek wisata alam yang ramai dikunjungi wisatawan saat traveling ke Jawa Tengah.

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Tempat wisata alam ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kira-kira letaknya sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar.

Jika dilihat dari nama, Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Tapi tidak seperti namanya, air terjun yang ada di sana tidaklah berjumlah seribu. Meski begitu, Grojogan Sewu memiliki banyak titik air terjun yang bisa dinikmati.

Ada air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Namun, ada pula air terjun yang tingginya mencapai 80 meter. Biasanya, bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun. Sebaliknya, bila musim panas tiba, banyak air terjun yang kering.

Jika ditelusuri, Grojogan Sewu ternyata masuk dalam bagian Hutan Wisata Grojogan Sewu. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, turis harus sedikit berpeluh karena ada 1.250 anak tangga yang harus dilalui, jadi sebaiknya jangan membawa barang yang begitu berat. Eits jangan terburu kaget dulu. Walau anak tangga yang dilalui cukup banyak, Anda dijamin akan menikmati perjalanan ini.

Betapa tidak, turis yang datang akan memasuki kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu yang banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan Anda juga akan ditemani oleh monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) liar tapi bersahabat.

Meski demikian, turis yang datang tetap dianjurkan untuk tidak mengeluarkan makanan di depan monyet. Ini karena monyet bisa dengan nekat mengambil makanan dari tangan Anda.

Setelah melalui seribu lebih anak tangga, akhirnya tibalah Anda di lokasi wisata Grojogan Sewu. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata, turis diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000.

Begitu masuk ke dalam, mata setiap wisatawa yang datang dijamin akan terpesona oleh keindahan air terjun. Apalagi hawa dingin nan sejuk membelai lembut pipi, dijamin bisa membuat siapa saja terbuai dengan keindahannya. Nikmatilah kesegaran air yang disajikan langsung dari alam.

Jika datang pada sore hari, pelancong bisa melihat keselarasan alam yang dimiliki Grojogan Sewu. Ada banyak monyet berbagai usia yang sedang asyik berjalan di atas pohon seolah menikmati keindahan alam.

Asyiknya lagi, objek Wisata Grojogan Sewu ternyata tidak hanya menyajikan keindahan air terjun saja, masih ada fasilitas wisata lain yang bisa Anda nikmati. Beberapa di antaranya adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, musala dan kamar mandi.

Nah, jika ingin lebih menikmati liburan di sana, traveler bisa menginap di vila-vila yang banyak disewakan di sekitar lokasi. Ya, ada banyak vila yang siap menampung Anda, baik untuk bermalam, istirahat, atau pun sekadar menikmati suasana malam yang begitu dingin.

 

0 komentar:

Post a Comment