Monday, January 7, 2013

Lha, Taj Mahal Kok Ada di Bangladesh?


Dhaka - Taj Mahal ternyata tidak hanya ada di Agra, India saja. Bangunan mewah dan berkubah ini ada juga di Dhaka, Bangladesh. Bangunannya sangat mirip, lengkap dengan taman air di depannya. Sekilas seperti Taj Mahal 'pindah' ke Bangladesh.

Taj Mahal adalah salah satu bangunan megah yang sudah begitu melekat dengan India. Pada tahun 1983, bangunan ini sudah diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Maka tak heran jika negara-negara lain seakan ingin memilikinya juga.

Salah satu negara yang ingin punya Taj Mahal adalah Dubai, Uni Emirat Arab. Pada bulan November tahun lalu, Dubai berencana membuat Taj Mahal dengan biaya US$ 10 milyar (Rp 9,5 trilyun). Tapi, ternyata Dubai bukan satu-satunya negara yang ingin meniru Taj Mahal. Bangladesh ternyata sudah terlebih dulu punya Taj Mahal tiruan.

Dari situs Tourism Review saat dilihat detikTravel, Senin (7/1/2013), Taj Mahal tiruan ini berada di Kota Dhaka, Bangladesh. Replika ini dibuat oleh sutradara terenal, Ahsanullah Moni.

India memerlukan 20.000 pekerja dan waktu selama 20 tahun untuk membuat Taj Mahal asli. Tapi Bangladesh hanya perlu 5 tahun saja, dengan jumlah pekerja yang lebih sedikit.

Pembuatan Taj Mahal tiruan ini sontak menyulut kemarahan masyarakat India. Bahkan pemerintah India pernah berencana menuntut Moni dengan tuduhan pelanggaran hak cipta. Tapi setelah dikaji lebih dalam, ternyata Taj Mahal tiruan ini ada baiknya juga bagi masyarakat India. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi dunia untuk bangunan yang sangat terkenal di India.

Namanya juga tiruan, jadi Moni ingin membuatnya semirip mungkin. Selain ukuran yang sama, Taj Mahal tiruan ini juga konon dilapisi oleh marmer dari Italia dan permata dari Belgia. Moni juga mengaku telah menghabiskan dana sebesar US$ 50 juta (Rp 483 milyar) untuk bangunan megah ini.

Detil demi detil diperhatikan untuk membangun Taj Mahal tiruan ini. Di sini, Anda benar-benar akan disuguhkan dengan pamandangan yang sangat mirip dengan di India. Bangunan berarsitektur Mughal dan Persia yang sangat mewah ini akan membuat Anda lupa jika sebenarnya Anda sedang berada di Bangladesh.

Tidak hanya bangunan, taman air di depan Taj Mahal juga seakan 'dipindahkan' ke sini. Kolam panjang yang ada di depan Taj Mahal juga dibuat Moni sangat mirip dengan aslinya.

Karena keunikan dan kemiripannya, Taj Mahal tiruan ini juga diserbu banyak wisatawan. Tidak hanya dari Bangladesh, wisatawan mancanegara juga sering datang ke sini. Bahkan, turis dari India yang penasaran juga ikut berkunjung ke sini. Apakah Anda juga tertarik?

0 komentar:

Post a Comment