Thursday, January 24, 2013

Keliling Turki Dalam 2 Jam, ke Miniaturk Saja!


detikTravel Community - 

Turki memang tidak sebesar Indonesia. Tapi belum tentu kita dapat mengelilinginya bahkan dalam satu bulan. Tapi, ternyata kita bisa lho keliling Turki hanya dalam 2 jam. Caranya? Datang saja ke Miniaturk di Istanbul.

Miniaturk adalah satu tempat dimana kita bisa melihat miniatur dari berbagai bangunan bersejarah dan tempat-tempat wisata yang ada di Turki, diantaranya Menara Jam Izmir, Cappadocia, Pamukkale, hingga Hagia Sophia, dan juga berbagai macam istana yang tersebar di daratan Turki.

Untuk masuk kawasan ini, kita harus mengeluarkan uang sebesar 10 lira. Untuk menuju kesini, dari stasiun bis Eminonu, bisa menaiki bis nomor 47, 47C, atau 47E. Hampir sama seperti di Indonesia, bis baru berangkat ketika penumpang sudah cukup penuh, yang ternyata cukup lama juga menunggunya. Selama di Turki baru pertama kali ini naik bis, dan woooww..supir bis di Istanbul menjalankan mobilnya kencang sekali! Padahal jalanan di sana kecil-kecil, ternyata bukan cuma supir di Indonesia aja yang suka ngebut lho.

Miniaturk ini merupakan sebuah taman besar dan kita tidak perlu bingung jalur mana yang akan kita tempuh karena jalan setapak yang kita lewati memang sudah diatur sedemikian rupa agar kita semua bisa melihat dan menikmati semua miniatur yang ada. Jadi, tinggal ikuti saja jalan setapaknya. Semua miniatur bangunan yang ada disini benar-benar menyerupai aslinya, hanya saya tentu dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Kalau di Indonesia mungkin seperti taman mini, tapi bangunan disini benar-benar mini!

Jangan khawatir kalau kita tidak mengenali miniatur-miniatur ini, karena di depan setiap bangunan, ada speaker yang akan menjelaskan mengenai bangunan ini. Bahasa yang dipilih pun cukup banyak, yaitu bahasa Turki, Inggris, Perancis, Jerman, Arab dan Rusia. Sayangnya tidak ada bahasa Indonesia.

Untuk mengelilingi dan menikmati tempat ini, waktu normal yang dihabiskan adalah sekitar 2 jam. Tidak terasa karena banyak sekali bangunannya, sehingga dalam 2 jam rasanya tidak mungkin bisa mendengar informasi dari setiap miniatur.

Di tempat ini juga terdapat 2  museum, yaitu Museum of Victory dan Istanbul Crystal Museum. Museum of Victory akan memperlihatkan kita sejarah Turki melalui efek lampu dan suara, baik setelah kemerdekaan, maupun masa sebelumnya. Sedangkan Istanbul Crystal Museum memperlihatkan seni tiga dimensi dimana kristal, lampu dan laser menyatu menjadikan gambar-gambar indah baik dari masa lalu maupun masa kini.

Jika tidak sempat mengelilingi negara Turki, tempat ini bisa menjadi referensi untuk mengetahui bangunan dan objek wisata di Turki secara keseluruhan tanpa harus berkunjung ke tempat aslinya. 

0 komentar:

Post a Comment