Friday, January 11, 2013

Inggris Punya 1, Amerika Punya 5 Stonehenge!


AS - Stonehenge tidak hanya bisa ditemui di Inggris saja. Ada 5 tiruan Stonehenge di AS, tentunya dengan bentuk serupa. Bedanya, Stonehenge di AS tidak terbuat dari batu melainkan dari mobil, kulkas bekas, sampai telepon umum.

Stonehenge adalah salah satu monumen paling bersejarah di dunia. Setiap tahunnya, tidak kurang dari satu juta traveler dari penjuru dunia datang ke Wiltshire, Inggris, untuk melihat monumen yang misterius ini. Rupanya kemegahan Stonehenge 'dilirik' oleh AS, yang membuat monumen serupa. Alih-alih bernilai sejarah, 5 Stonehenge buatan milik Amerika lebih bernilai seni.

Dihimpun detikTravel, Jumat (11/1/2013), ini dia 5 tiruan Stonehenge yang terbuat dari beragam benda:

1. Carhenge, Nebraska

Ada pemandangan unik bila Anda berkunjung ke salah satu daerah pertanian di Nebraska, Amerika Serikat. Di padang rumputnya yang gersang, ada tumpukan mobil klasik Amerika. Ini bukan tempat barang rongsok, tapi bernama Carhenge. Ini adalah tiruan monumen batu Stonehenge.

Jim Reinders, seorang seniman eksperimental sangat terpesona dengan keindahan Stonehenge di Inggris. Akhirnya ia pun berpikir untuk menciptakan bangunan seperti Stonehenge. Tak lama setelah ayahnya meninggal pada tahun 1982, Reinder datang dengan ide untuk membangun Carhenge.

Jumlah mobil yang dijadikan Carhenge ada 38. Bentuknya melingkar dengan diameter 29,2 meter. Agar serupa, mobil-mobil bekas ini dicat ulang dengan warna abu-abu. Awalnya, keluarga Riders menganggap monumen ini sangat merusak pemandangan. Tapi seiring berjalannya waktu, Carhenge malah makin diserbu traveler yang penasaran.

2. Foamhenge, Virginia

Kalau yang satu ini, lain lagi. Hampir menyerupai dengan Stonehenge aslinya, Foamhenge adalah monumen tiruan dengan bahan dasar styrofoam. Adanya di kawasan padang rumput Natural Bridge, Virginia, Amerika Serikat.

Styrofoam yang digunakan juga tidak sembarangan, dipilih yang terbaik dengan ukuran ekstra besar. Warnanya dibuat mirip dengan Stonehenge aslinya, abu-abu gelap menyerupai warna batu. Agar terlihat makin mirip dengan aslinya, Foamhenge diletakkan di atas bukit. Kawasan di sekitarnya juga merupakan padang rumput, sama seperti Stonehenge aslinya di Inggris.

Hanya saja, karena waktu dan cuaca, cat yang melekat di styrofoam sudah terlihat pudar. Cat yang tadinya berwarna abu-abu tua, saat ini mulai berubah warna menjadi lebih muda. 'Batunya' kini juga sudah tidak lagi terlihat sempurna, banyak yang rusak akibat tangan turis jahil.

3. Snowhenge, Michigan

2 Tiruan Stonehenge seperti tidak cukup bagi seniman di Amerika Serikat. Berbeda dengan sebelumnya, tiruan Stonehenge yang satu ini terbuat dari es. Wow!

Monumen ini diberi nama Snowhenge. Ini adalah replika Stonehenge dengan skala satu per tiga dari aslinya. Hebatnya, monumen tiruan dari es ini tidak pernah mencair. Sebab Snowhenge berada di kawasan yang membeku sepanjang tahun di MacKay-Jaycees Family Park, Grand Rapids, Michigan.

Namanya juga tiruan, pasti mirip dengan aslinya. Balok-balok salju di sini juga di susun rapi secara melingkar. Diameternya sekitar 30 meter. Benar-benar mirip dengan Stonehenge di Inggris saat musim dingin.

4. Fridgehenge, New Mexico

Kalau Michigan punya tiruan Stonehenge dari balok-balok es, maka New Mexico punya 'Stonehenge' dari lemari es. Puluhan kulkas bekas disusun membentuk lingkaran di hamparan padang rumput di Kota Santa Fe.

Sejak dibuat, Fridgehenge diprotes banyak orang. Mereka awalnya tidak setuju adanya tumpukkan kulkas bekas di kawasan ini. Terlihat kotor, seperti tempat barang-barang rongsok. Tapi setelah jadi dan dijelaskan oleh sang seniman yang membuat Fridgehenge, orang-orang yang tadinya protes justru mendukung.

Uniknya, 'Stonehenge' kulkas ini tidak dicat sesuai dengan aslinya. Monumen kulkas ini malah diwarnai motif grafiti yang penuh warna. Tapi, itu justru makin membuat Fridgehenge terlihat semakin menarik.

5. Phonehenge, South Carolina

Sepertinya, benda apapun bisa dijadikan bahan membuat tiruan Stonehenge. Di kawasan yang biasa digunakan sebagai tempat konser musik rock di South Carolina, ada 'Stonehenge' yang terbuat dari telepon umum di Inggris.

Monumen yang berbentuk lingkaran ini diberi nama Phonehenge. Di antara tiruan Stonehenge lainnya, monumen ini umurnya paling muda. Phonehenge baru diresmikan pada tanggal 15 April 2008.

Si pembuat tahu, membangun monumen mirip Stonehenge dari telepon umum tidak akan terlihat mirip dengan aslinya. Maka dari itu, untuk menambahkan kesan 'Inggris', telepon umum yang juga dari negara Inggris ini sengaja tidak dicat ulang. Warna merah terang masih melekat pada sisi telepon umum ini.

Itulah 5 tiruan Stonehenge yang ada di Amerika Serikat. Anda tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Atau bahkan ingin membuat tiruan Stonehenge menggunakan material lainnya? Silakan saja...

0 komentar:

Post a Comment