Friday, January 4, 2013

Ihh! Di California Ada Rumah Besar yang Terbuat dari Sampah


California - Rumah indah dan nyaman jadi impian semua orang. Akan tetapi di Cambria, California, AS, seorang pemulung bisa membuat rumah megah nan cantik dari sampah daur ulang. Kini, rumah tersebut jadi daya tarik untuk wisatawan.

Nit Wit Ridge, ini bukan nama orang melainkan nama dari sebuah rumah. Rumah berumur 85 tahun ini, menjadi Historic Landmark yang memberikan contoh untuk sebuah hasil karya.

Rumah buatan seorang pengumpul sampah di Cambria, Arthur Harold Beal ini punya keunikan dan daya tarik yang tak dimiliki oleh rumah mewah dan besar lainnya. Selama bertahun-tahun, Beal mengumpulkan berbagai macam sampah untuk membangun rumah. Butuh waktu sekitar 50 tahun dengan keahlian asitektur secara otodidak ia bisa menyelesaikan rumah ini, dari situs Odditycentral, Jumat (4/1/2013).

Untuk sebagian orang, sampah adalah hal yang menjijikan. Tidak dengan Beal, kecintaannya terhadap sampah bisa membuatnya berkreasi dan menghasilkan rumah ini. Dengan hanya bermodal sampah, kapak, sekop, dan peralatan lainnya, pria ini mulai membangun rumahnya pada tahun 1928.

Bayangkan, dia menggali lubang seluas 2,5 hektar untuk membuat pondasi di lereng sebuah bukit di Cambria. Jangan kaget, lubang fondasi ini pun diisi dengan segala macam sampah.

Dinding dan bagian lain dalam rumah tiga lantai ini terbuat dari, kulit kerang, bebatuan, kaleng bir, bekas suku cadang mobil, bekas kompor tua, drum, dan pecahan lantai keramik. Semuanya ia susun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah rumah besar.

Di bagian luar, rumah ini terlihat biasa saja. Siap-siap, saat masuk ke dalamnya pelancong akan dibuat tercengang dengan interior yang lebih unik ketimbang rumah mewah pada umumnya. Kerennya lagi, 'rumah sampah' ini juga memiliki teras, kebun, hiasan yang terbuat dari batu, air mancur, dan jalan setapak.

Meski Beal sudah meninggal sejak 1992 dalam usia 96 tahun, rumah ini tetap terbuka untuk wisatawan. Bahkan pemilik baru rumah ini, Michael dan Stacey O'Malley juga tertarik untuk tetap membuka tur ke dalam rumah mereka yang unik ini.

0 komentar:

Post a Comment