Tuesday, January 29, 2013

Ahlan wa Sahlan! Ini Dia 'Base Camp' Turis Arab di Puncak


Bogor - Untuk yang ingin merasakan suasana nongkrong baru, Restoran Timur Tengah Kamannana di Puncak, Bogor bisa jadi pilihan. Sambil menikmati nasi biryani, bercengkramalah dengan turis Timur Tengah yang rutin kumpul di sana.

Restoran Kamannana adalah tempat makan Timur Tengah yang berada di kawasan Warung Kaleng, Cisarua, Bogor. Inilah salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi turis Arab ketika ke Indonesia, khususnya ke Puncak, Bogor.

Penasaran ingin melihat langsung lokasi nongkrong para turis Timur Tengah, detikTravel pun berkunjung beberapa waktu lalu. Begitu tiba, nuansa padang pasir terasa begitu kental di sana, mulai dari bangunan hingga dekorasi.

"Ini sebenarnya rumah makan Yaman," kata pengelola Restoran Kamannana, Husein kepada detikTravel.

Sepintas, tempat makan terlihat nyaman lewat penataan kursi yang apik, ditambah dengan hawa sejuk khas Puncak. Masuk ke dalam, rasa nyaman dan ingin berlama-lama di tempat ini semakin terasa.

Berbeda dengan bagian luar yang hanya tersedia kursi dan bangku, bagian dalam restoran dibuat area-area makan lesehan. Tak ketinggalan, bantal kecil yang digunakan menyandarkan punggung.

"Kita ada dua lantai. Lantai dua khusus untuk keluarga," jelas Husein.

Di lantai dua, suasana terasa lebih privat alias pribadi. Di sana, terdapat beberapa ruangan yang dibatasi dengan sekat. Anda pun bisa bebas merebahkan tubuh dan bermain dengan anak-anak tanpa perlu malu dilihat orang.

Nah, khusus turis Arab, biasanya mereka senang duduk-duduk sambil bercengkrama di bagian luar restoran. Biasanya pelancong dari Timur Tengah ini datang pada malam hari bersama teman-temannya untuk menikmati shisa.

"Biasanya turis Timur Tengah yang datang dari Arab Saudi, Oman atau Uni Emirat," tambah Husein.

Menurut Husein, turis-turis ini kalau datang ke Puncak pasti makannya di Restoran Kamannana. Bahkan, ketika musim liburan tiba, banyak turis yang datang ke Indonesia dan nongkrong di Kamannana.

"Mulai dari keluarga, sampai anak muda sering datang ke sini, pengusaha juga. Dari menginap di vila sekitar sini, ya mereka makannya di Kamannana ini," tutur Husein yang sudah mengelola restoran ini sejak tahun 2009.

0 komentar:

Post a Comment