Thursday, January 3, 2013

8 Cara Turunkan Berat Badan Sambil Traveling


Jakarta - Berat badan yang meningkat kadang jadi masalah traveler usai liburan. Tapi kini tak perlu kuatir, Anda tetap bisa menjaga, bahkan menurunkan berat badan sembari traveling dengan 8 cara ini.

Diintip dari Smarter Travel, Kamis (3/12/2012) inilah 8 cara untuk menurunkan berat badan saat traveling, namun tetap menyenangkan:

1. Hiking

Bagi sebagian orang, mendaki gunung atau bukit bukan sekadar hobi, tapi menjadi kebutuhan untuk hidup sehat. Sambil mendaki, Anda bisa menghirup udara segar khas pegunungan. Selain itu, trekking yang dilakukan juga bisa menggugurkan lemak. Tubuh akan dipaksa melakukan perjalanan panjang, dan terus melangkah hingga mencapai puncak tanpa bantuan kendaraan.

2. Berenang di laut

Duduk di tepi pantai atau berjemur biasa dilakukan turis saat traveling ke pantai. Sayangnya, kegiatan itu sering diiringi dengan nyemil makanan yang tanpa disadari justru menumpukkan lemak. Mulai saat ini, tambahkan kegiatan Anda dengan berenang. Berenang adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan ketika traveling untuk merontokkan lemak.

3. Yoga

Ada banyak alasan traveler untuk liburan. Salah satunya adalah untuk menenangkan pikiran. Jika Anda salah satu pecintanya, jangan sia-siakan kesempatan hanya dengan duduk santai dan merenung. Manfaatkan waktu dengan yoga.

Ini adalah salah satu olahraga yang pas untuk pecinta wisata ketenangan. Bayangkan enaknya duduk di atas bukit, sambil mendengarkan bisikan angin. Tarik nafas dan buang semua pikiran buruk di kepala Anda.

4. Keliling kota

Cara lain untuk tetap bisa kurus saat traveling adalah jalan kaki mengelilingi kota. Jika kota yang dikunjungi dirasa terlalu besar, Anda bisa memilih jalan kaki menuju destinasi wisata yang dekat. Dengan berjalan kaki, jelas lemak tubuh akan terbakar dan keluar lewat keringat. Sangat menyehatkan. Tapi bila berjalan kaki pada siang hari, jangan lupa untuk mengenakan sunblock dan penutup kepala agar terhindar paparan sinar UV.

5. Bersepeda

Jika jalan kaki dirasa terlalu berat, Anda tetap bisa menurunkan berat badan saat traveling dengan bersepeda. Beberapa destinasi biasanya memiliki tempat penyewaan sepeda untuk turis seperti Anda. Sewa dan gunakan untuk mengunjungi destinasi wisata yang dekat. Jalan-jalan dapat, olahraga juga dapat.

6. Naik tangga

Saat berada di pusat perbelanjaan, bandara atau destinasi wisata lain, biasanya tersedia eskalator atau lift untuk mencapai lantai atas. Jika ingin sehat, jangan gunakan kedua fasilitas ini, tapi gunakan tangga agar lemak tubuh terbakar.

7. Fitness di hotel

Saat menginap di hotel, jangan habiskan waktu hanya tidur di kamar. Jika tersedia fasilitas fitness, sempatkan olahraga di sana, sebelum atau setelah bepergian. Ini juga bisa menjaga berat badan Anda.

8. Pilih makanan yang tepat

Menahan diri menyantap aneka makanan lezat di destinasi asal adalah salah satu cobaan terbesar bagi traveler, terutama yang ingin menjaga berat badan. Untuk itu, perhatikan jenis makanan yang Anda pilih. Jangan semua makanan dilahap habis. Konsumsi secukupnya saja. Selain itu, memilih makanan yang rendah lemak juga tak kalah penting untuk menghindari berat badan naik setelah traveling.

0 komentar:

Post a Comment