Monday, December 10, 2012

Tahun 2012, 1 Miliar Wisatawan Melancong ke Luar Negeri


Jakarta - Dari sekitar 7 miliar manusia yang tinggal di muka bumi, kira-kira berapa yang pernah melancong ke luar negeri? Jawabannya adalah 1 miliar, berdasarkan data World Travel & Tourism Council. Mungkin Anda salah satunya.

Hal itu berarti, 1 dari 7 orang di muka bumi telah berpartisipasi dalam dunia travel tahun ini. Angka yang luar biasa, mengingat beberapa dekade lalu traveling identik dengan sesuatu yang mewah.

Angka tersebut adalah hasil pendataan dari World Travel & Tourism yang berbasis di London, Inggris. Perusahaan-perusahaan travel yang jadi anggota dewan ini mengompilasi perjalanan global termasuk lalu lintas di bandara internasional dan visa. Turis ke-1 miliar akan melintasi batas negara pada 13 Desember mendatang.

"Ini adalah hal yang mengejutkan. Ada perkembangan yang luar biasa terhadap orang-orang yang ingin traveling ke berbagai belahan dunia," tutur President World Travel & Tourism Council, David Scowsill, seperti dilansir dari Sydney Morning Herald, Senin (10/12/2012).

Meskipun AS dan Prancis adalah dua destinasi terbesar dalam dunia traveling, para pakar mengatakan terjadi lonjakan pengunjung di beberapa negara seperti Guatemala, Republik Dominika, dan Pantai Gading di Afrika Barat. Satu dekade lalu, negara-negara itu tak ada jejaknya di peta pariwisata.

Beberapa faktor yang mendorong perkembangan dunia traveling adalah 'keberuntungan' yang dialami puluhan juta orang Asia. Perlahan, mereka beranjak dari kemiskinan menuju kelas menengah. Lantas, mereka menghabiskan kekayaan untuk bepergian.

Menurut Scowsill, China adalah salah satu contohnya. Pada 2010 lalu, wisatawan China yang melancong ke luar negeri sejumlah 58 juta. Tahun ini, angkanya naik jadi 72 juta.

0 komentar:

Post a Comment