Thursday, December 6, 2012

Mickey Mouse Punya Rumah Makan di Papua


detikTravel Community - 

Traveler penggemar berat Mickey Mouse, wajib datang ke Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua. Di sana ada Rumah Makan Mickey dengan kuliner yang lezat dan sangat terkenal. Tempat ini terinspirasi dari tokoh Disneyland tersebut!

Rasa lapar ini menyerang sesampainya di Sentani, Kabupaten Jayapura. Bersama rombongan Dream Destination Papua, kami pergi mencari tempat makan enak untuk mengisi perut. Tiba-tiba, mata saya pun langsung tertuju pada satu restoran unik, Restoran Mickey!

Dari luar, suasana di rumah makan yang terletak di Jalan Kemiri nomor 49, Sentani ini tidak jauh berbeda dengan rumah makan kebanyakan. Hanya saja, bagian dalam rumah makan terlihat sudah cukup tua.

Saya pun tidak sabar membuka menu makanan yang tersedia di sini. Ternyata, cukup banyak beragam makanan di sini. Yang spesial di restoran ini, adalah daging rusa yang diolah menjadi sate rusa atau rusa lada hitam.

Sayangnya, dua menu itu sedang habis. Akhirnya saya pun memesan menu andalan kedua, yakni ikan mujair rica-rica. Selain itu, saya berkesempatan untuk berbincang dengan pemilik restoran ini. Namun, sayangnya dia enggan memperkenalkan namanya karena urusan privasi.

Menurutnya, restoran ini adalah peninggalan turun-temurun keluarga yang sudah dibangun sejak tahun 1937. Wow, usianya sudah 25 tahun! Jauh lebih tua dari saya.

Mengenai nama Mickey, Ia mengaku bahwa dulu keluarga besarnya adalah fans berat dari tokoh kartun Disney, Mickey Mouse. "Dulu kita semua suka sekali nonton Mickey Mouse, lalu berpikir lucu kali ya kalo kita buat rumah makan namanya Mickey Mouse," ujarnya sambil mengenang.

Dia pun menambahkan, menu yang paling banyak dicari adalah daging rusa dan mujair. Untuk menu ayam, ada menu bernama ayam camete, yakni ayam bakar yang dibumbui kacang mete. Saya pun makin tergiur mendengarnya.

Saya pun juga berbincang dengan aalah seorang pengunjung di sini. Ternyata, dia memang datang ke Rumah Makan Mickey untuk makan daging rusa lada hitam.

"Saya kalau ke sini pasti makan nasi goreng seafoodnya sama rusa lada hitam. Nasi gorengnya enak, rasanya pas. Kalau daging rusa, satu Sentani cuma ada di sini," kata Rita Felle, salah satu pengunjung yang datang siang itu.

Untuk urusan harga, tidak perlu khawatir. Harganya masih kisaran Rp 15.000 hingga Rp 70.000 saja. Untuk daging rusa lada hitam, dijual dengan harga 55.000-60.000 per porsi. Makanan yang saya pesan sudah datang. Saatnya menyantap dengan lahap mujair rica-rica yang mantap menggoda di meja.

0 komentar:

Post a Comment