Wednesday, December 19, 2012

Duh! Southwest Airlines Denda Penumpang yang Tidak Terbang


AS - Maskapai kerap terganggu penumpang yang tidak membatalkan tiket, namun akhirnya tidak muncul sampai detik-detik terakhir pesawat lepas landas. Untuk meminimalisir hal itu, Southwest Airlines menerapkan sistem denda.

Southwest Airlines adalah satu-satunya maskapai budget di AS yang tidak meminta biaya tambahan dari penumpangnya, jika mereka mengganti jadwal penerbangan. Tapi siapa sangka, maskapai ini malah mendenda penumpang yang tidak jadi terbang, tanpa melakukan pembatalan sebelumnya.

Dari Travelers Today yang dikutip detikTravel, Rabu (19/12/2012), maskapai ini juga menambah biaya kelebihan bagasi. Peraturan ini akan diberlakukan mulai tahun depan.

Tak sampai di situ, pihak Southwest Airlines akan menggunakan kursi kosong tersebut untuk dijual kembali kepada penumpang. Kebijakan itu diterapkan untuk penumpang yang membeli tiket termurah "Wanna Get Away Ticket".

"Berdasarkan penelitian kami, para penumpang mengerti kalau kedua belah pihak (kami dan penumpang) akan diuntungkan dari penjualan kembali kursi pesawat," tutur CEO Southwest Airlines Gary Kelly.

Sampai saat ini, belum ada tanggal pasti dan banyaknya denda yang harus dibayar oleh penumpang. Hal ini, lanjut Kelly, akan menambah pendapatan maskapai dengan penjualan kembali kursi pesawat, sekaligus memperbaiki tingkah laku penumpang yang tidak naik pesawat semaunya.

0 komentar:

Post a Comment