Wednesday, December 19, 2012

Bali Jadi Daerah dengan Hunian Hotel Paling Tinggi


Jakarta - Karena kecantikannya, banyak wisatawan yang senang berlama-lama liburan di Bali. Jangan heran jika Bali jadi kota dengan tingkat hunian hotel paling tinggi di Indonesia.

"Perkembangan yang sangat menonjol ada di daerah-daerah Bali," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI), Yanti Sukamdani dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Jika dirata-rata, menurut Yanti, tingkat hunian hotel di Bali mencapai 90 persen. Sedangkan untuk perkembangan rata-rata hunian hotel di Indonesia tahun 2012 ini adalah 69 persen.

Jakarta sebagai kota metropolitan hanya memiliki angka hunian rata-rata sebanyak 30 persen. Namun, lonjakan tinggi akan terjadi saat menjelang Tahun Baru. Saat pergantian tahun, okupansi hotel di Jakarta bisa mencapai 100 persen.

Yanti menambahkan, akan ada banyak hotel baru di destinasi-destinasi liburan. Medan, Makassar, Bangka Belitung, Riau dan Lombok akan memiliki lebih banyak hotel pada tahun 2013 nanti.

Tren terbaru menyebutkan, kini sudah banyak turis muda yang memiliki bujet lebih sehingga mereka bisa menginap di hotel. Ini bisa membantu perkembangan hotel-hotel di Indonesia ke depannya.


0 komentar:

Post a Comment