Monday, December 17, 2012

12 Pekerjaan untuk Traveling Gratis di Dunia


Jakarta - Jika Anda gemar traveling namun tak punya banyak uang, cobalah 12 pekerjaan berikut ini. Tidak ada kata bosan, sebab pekerjaan-pekerjaan ini akan membawa Anda jalan-jalan ke tempat yang keren di dunia dengan gratis!

Apakah Anda bosan dengan pekerjaan sekarang ini? Banyak deadline dan membuat Anda tidak punya banyak waktu untuk traveling. Jangan sedih dulu, di dunia ini ada 12 pekerjaan yang paling diminati setiap orang karena bisa jalan-jalan gratis.

Ditengok dari situs CNN Travel, Senin (17/12/2012), berikut 12 pekerjaan untuk traveling gratis, mulai dari menjadi instruktur selam, bartender, hingga guru bahasa Inggris:

1. Instruktur selam

Siapa yang tidak ingin menghabiskan waktu di bawah laut dan bertemu dengan ikan serta terumbu karang berwarna-warni? Oleh sebab itu, pekerjaan menjadi instruktur selam terasa sangat meyenangkan.

Namun, menjadi instruktur selam tidaklah mudah. Meski Anda adalah perenang yang baik, ada beberapa syarat khusus lainnya yang harus Anda miliki. Anda harus berusia di atas 18 tahun dan memiliki fisik yang bagus. Keselamatan penyelam selama di bawah laut adalah tanggung jawab Anda sepanjang perjalanan.

Anda pun bisa menjadi bagian dari anggota PADI (Professional Association of Diving Instructors), salah satu asosiasi instruktur selam terkenal di dunia. Setelah itu, Anda dapat menjadi instruktur selam di resor-resor yang ada di dunia, seperti di Divemaster Scuba Junkie, Semporna, Malaysia. Di sana Anda bisa bekerja selama 4 minggu dan digaji sebesar US$ 1.300 (Rp 12,5 juta). Berminat?

2. Guru bahasa Inggris

Salah satu cara paling mudah untuk bekerja sambil traveling gratis adalah menjadi guru bahasa Inggris. Dengan memiliki sertifikat TESL (Teaching English as a Second Language), ada beberapa organisasi yang akan membawa Anda keliling dunia sebagai guru. Asyik bukan?

Salah satu organisasinya adalah Project Abroad, yang akan menempatkan Anda di berbagai belahan dunia, seperti di Krabi, Thailand. Anda akan bekerja selama 18 jam dalam seminggu di beberapa tempat, seperti di sekolah, panti asuhan, dan lain-lain.

Biasanya, Anda akan dibayar sekitar US$ 1.000 (Rp 9,6 juta) per bulannya. Anda pun dapat mencari pekerjaan sampingan, seperti menjadi pemandu wisata bagi turis di daerah setempat. Informasi lebih lengkap ada di situsnya www.projects-abroad.co.uk.

3. Bekerja di kapal pesiar

Bagi Anda yang suka dengan laut dan berlayar, cobalah bekerja di kapal pesiar, misalnya di Karibia. Anda dapat mengitari lautan yang biru dan cantik di berbagai belahan dunia, melihat PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDEvZm90by1nZXJoYW5hLW1hdGFoYXJpLTI2LWphbnVhcmktMjAwOS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPm1hdGFoYXJpPC9hPg== terbenam di lautan, serta merasakan kemewahan berlayar dengan kapal pesiar.

Untuk menjadi pekerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Anda harus mempunyai paspor yang sah dan memenuhi syarat untuk bekerja di negara di mana kapal terdaftar. Setelah itu, Anda bisa memilih berbagai jenis pekerjaan di kapal pesiar, seperti PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTAvMDMvZm90by10ZWxhbmphbmctZmFocmFuaS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPmZvdG88L2E+grafer, resepsionis, kasir, insinyur, tukang pipa, petugas hotel, pelayan kabin, penyedia perawatan anak, staf medis, dan masih banyak lagi.

Biasanya, panjang kontrak yang ditawarkan oleh kapal pesiar adalah 3-6 bulan. Anda akan menerima bayaran mulai dari US$ 900 hingga US$ 1.600, atau sekitar Rp 8-15 juta. Kini, carilah brosur-brosur di agen perjalanan atau melihat situs di internet tentang lowongan kerja di kapal-kapal pesiar, salah satunya www.oceanopportunities.com.

4. Penjaga peternakan

Jika Anda pekerja keras, cobalah untuk menjadi penjaga perternakan. Jangan kaget dulu, pekerjaan ini juga menjadi salah satu cara untuk traveling gratis. Ladang-ladang peternakan yang indah di dunia dapat Anda nikmati saat menggeluti profesi ini.

Memang, bekerja menjadi penjaga ternak akan membuat Anda kotor setiap hari. Anda diharuskan memperbaiki pagar, membersihkan kotoran ternak, dan mangurus ladang peternakan. Pekerjaan ini juga cenderung musiman, biasanya pada bulan Mei-September. Bayarannya? Anda akan digaji sekitar US$ 1.600 atau sekitar Rp 15 juta per bulan dan belum termasuk tip. Tempat tinggal pun sudah disiapkan. Asyik!

Banyak ladang-ladang peternakan di AS, Australia, dan Kanada yang membuka lowongan. Anda bisa mencoba pekerjaan ini dengan berkunjung ke beberapa situs berikut www.jobs.hiddentrails.com, www.coolworks.com, dan www.duderanch.org, untuk melihat lowongan yang ada.

5. Petani organik

Jika Anda stress dengan tumpukan kertas atau mata lelah karena di depan komputer berjam-jam, cobalah menjadi tukang kebun. Udara sejuk, daun-daun hijau, dan sayuran yang sehat menjadi pemandangan tiap harinya. Menjadi tukang kebun pun dapat membawa Anda traveling gratis ke beberapa tempat di dunia termasuk di Sierra Leone.

WWOOF (World Wide Opportunities on Organic Farms) adalah salah satu organisasi dunia untuk pekerjaan ini. Melalui organisasi ini, Anda akan menjadi petani organik dan relawan untuk ditempatkan di berbagai tempat di dunia. Satu-satunya persyaratan adalah keinginan untuk belajar gaya hidup ramah lingkungan.

Anda akan belajar ketrampilan baru, pertanian, menanam tumbuh-tumbuhan, menghirup udara segar, dan bertemu banyak orang melalui pekerjaan ini. Jangan lupa, siapkan paspor dan persyaratan lainnya untuk datang ke negara tujuan Anda. Jika tertarik, kunjungi website berikut www.wwoof.org.

6. Petugas servis kapal yacht

Ya, ini adalah pekerjaan di level paling rendah pada kapal yacht. Akan tetapi, Anda akan dibayar dengan layak sekitar US$ 2.500 (Rp 24 juta) per bulan dan berlayar ke 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 PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvZHViYWktZGFwYXQtYmFuZ3VuLW1hbC10ZXJiZXNhci1kaWR1bmlhLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+TWFsbDwvYT4=orca di Spanyol.

Pekerjaan ini membutuhkan kerja keras. Setiap harinya, Anda akan membersihkan kapal dan fasilitas lain di dalamnya, melayani makanan untuk penumpang, membersihkan kabin, dan lain-lain. Meski demikian, pekerjaan ini tidak memerlukan syarat khusus.

Etos kerja yang baik dan kemauan belajar menjadi hal penting saat Anda bekerja menjadi petugas servis kapal pesiar. Beberapa situs untuk mencari pekerjaan seperti ini, www.yachtforce.com atau www.crewseeker.co.uk. Cobalah!

7. Instruktur ski

Menjadi instruktur ski adalah pekerjaan yang menyenangkan. Anda akan mengajak orang-orang untuk berselancar di atas salju sambil menikmati pemandangan yang serba putih. Biasanya, instruktur ski dibayar sekitar US$ 20 (Rp 190 ribu per jamnya).

Di Austria, terdapat akademi instruktur ski yang menawarkan kursus selama enam minggu. Setelah itu, Anda dapat bekerja menjadi seorang instruktur ski setelah lulus. Anda bisa membuka situs www.ski-instruktur-academy.com untuk informasi lebih lanjut.

8. Pemandu wisata

Jika Anda adalah orang yang memiliki kepribadian yang tenang, pengetahuan geografis yang baik, fisik yang kuat, dan komunikasi yang baik, tak rugi untuk menjadi pemandu wisata di Afrika. Bayangkan, Anda akan membelah hutan di Kenya atau bertualang di lautan pasir di Namibia. Seru!

Sebagai pemandu wisata, Anda akan mengatur jadwal perjalanan, mendampingi wisatawan, mengatur makan dan tidur, dan siap menghadapi keadaan darurat. Bayaran untuk menjadi pemandu wisata di Afrika, biasanya sekitar US$ 90 (Rp 867 ribu). Salah satu operator tur yang menawarkan perjalanan ke Afrika adalah Dragoman.

Perusahaan ini juga selalu membuka lowongan untuk pemandu wisata di Afrika. Anda akan dilatih selama 10 minggu ditambah praktek 6 bulan di lapangan. Buka situsnya di www.dragoman.com, bagi Anda yang ingin menjadi pemandu wisata di Afrika.

9. Bartender

Pekerjaan lainnya yang menyenangkan adalah menjadi bartender. Anda hanya membutuhkan keahlian meracik minuman, memiliki kepribadian yang menyenangkan, dan mudah bergaul dengan pengunjung. Bartender juga menjadi salah satu cara untuk traveling ke berbagai tempat di dunia.

Salah satu tempat terbaik untuk menjadi bartender adalah di London, Inggris. Mengapa? Sebab di beberapa tempat di sana, seperti di resor mewah, hotel, atau pub, Anda akan digaji sekitar US$ 32-38 ribu per tahun, atau sekitar Rp 300 juta per tahunnya. Tak heran, ada banyak orang yang ingin menjadi bartender di London. Anda dapat mencari informasinya lebih jelas di www.caterer.com.

10. Terapis spa

Siapa sangka, ternyata menjadi terapis spa dapat membuat Anda datang ke tempat-tempat cantik di dunia. Anda dapat menjadi terapis spa di beberapa hotel atau resor mewah di Kepulauan Seychelles dengan bayaran US$ 500-100 per bulan, atau sekitar Rp 4-9 juta. Selain itu, Anda bisa menikmati pantai berpasir putih dengan lautan cantik di sana, gratis!

Anda harus memiliki penampilan yang rapi dan ramah. Sepasang tangan yang kuat akan menentukan seberapa puas pelanggan Anda. Jangan lupa, untuk mempelajari teknik pijat. Jika berminat, situs www.spajobworld.com akan memberikan informasi tentang lowongan menjadi terapis spa di berbagai belahan dunia.

11. Pemandu rafting

Inilah pekerjaan yang paling jarang dilirik orang, yaitu pemandu rafting. Padahal, kegiatan arung jeram sedang menjadi kegiatan yang digemari traveler.

Sebelum menjadi pemandu rafting, ada baiknya Anda menambah jam terbang terlebih dulu. Anda harus tahu tentang aliran-aliran sungai, cara menghadapi derasnya jeram, mengetahui langkah pertama dalam kecelakaan, dan mudah untuk berbaur dengan peserta rombongan.

Salah satu perusahaan untuk memperkerjakan Anda sebagai pemandu rafting adalah Water By Nature. Perusahaan ini hadir di 12 negara termasuk di Zambia dan memperkerjakan pemandu rafting yang berpengalaman, minimal 5 tahun. Anda bisa melamar di sana dan mengarungi belahan-belahan sungai yang ada di dunia. Kunjungi situsnya di www.waterbynature.com untuk menjadi pemandu rafting.

12. Figuran 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 yang meminta traveler dari berbagai dunia untuk menjadi bintangnya. Hal ini karena banyaknya peran yang bisa diperankan dengan turis tersebut, seperti menjadi tentara, pengusaha, dan lain-lain. Mau?

0 komentar:

Post a Comment