Monday, May 13, 2013

Penting, Cara Konsumsi Air dengan Aman Saat Traveling


Jakarta - Selama ini, banyak traveler yang hanya memperhatikan kebersihan makanan agar terhindar penyakit saat traveling. Tapi ternyata, kebersihan air juga jadi masalah penting jika ingin liburan Anda lancar. Begini cara konsumsi air yang aman.

Minum air yang terkontaminasi bisa membuat Anda terkena gangguan pencernaan, diare dan lainnya. Dari Traveler Today, Senin (13/5/2013), ada beberapa cara untuk tetap sehat selama liburan dengan cara mengkonsumsi air dengan cermat.

Cara pertama dan yang paling ampuh adalah hanya konsumsi air botolan. Beberapa daerah atau kota menyediakan air keran yang siap minum. Tapi bukan berarti air tersebut bersih dari kontaminasi virus, bakteri dan kotoran.

Mungkin penduduk lokal bisa saja mengkonsumsi air tersebut karena sudah memiliki imunitas sendiri. Sedangkan Anda sebagai pendatang akan lebih rentan terkena penyakit dari air yang belum diketahui kebersihannya.

Jadi, daripada mempertaruhkan kesehatan, hindari meminum air dari keran atau sumber yang tidak jelas dari mana asalnya. Juga, usahakan untuk selalu mengantongi air botolan yang masih bersegel.

Jangan salah, bukan hanya air putih yang menjadi masalah tapi juga air dalam bentuk lainnya yaitu es. Es batu terbuat dari air yang mungkin mungkin saja tidak bersih. Ini bisa jadi bibit penyakit saat liburan. Jika ingin mengkonsumsi minuman manis dengan aman, belilah minuman botolan.

Jika tidak yakin, hindari mengonsumsi minuman dingin yang mengandung es. Karena, bakteri tidak mati saat berada di suhu dingin sekalipun. Anda bisa meminum kopi atau teh panas karena airnya sudah dimasak hingga mendidih.

Hal terakhir namun tak kalah penting adalah hindari menggosok gigi dengan menggunakan air keran. Ini ditekankan untuk ke daerah yang kesehatannya diragukan. Anda pun bisa menimbang sendiri seberapa bersih kawasan tersebut sehingga Anda yakin menggunakan air keran di sana.

0 komentar:

Post a Comment