Friday, April 5, 2013

Mengarak Ogoh-ogoh di Bali, Seru Banget!


detikTravel Community - 

Traveling ke Bali menjelang Nyepi, menawarkan liburan yang berkesan. Sebelum Pulau Bali menjadi sepi, sehari sebelumnya akan sangat ramai dengan mengarak ogoh-ogoh. Jangan sampai terlewatkan.

Pulau Dewata Bali tetap indah walau sedang melakukan Nyepi seperti beberapa waktu lalu. Kita tetap bisa menikmati alam yang indah walau sedang ada perayaan Nyepi.

Namun, sehari sebelum Hari Raya Nyepi ada acara yang tidak boleh terlewatkan. Di seantero Bali, diadakan pawai mengarak ogoh-ogoh.

Setiap sudut desa atau banjar di Bali diramaikan dengan pawai ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh dimaknai sebagai perwujudan buta kala yang diarak keliling lingkukan dan kemudian dibakar.

Tujuan pembakaran ogoh-ogoh di berbagai banjar ini sama, yaitu mengusir buta kala sebagai simbol dari keburukan dari lingkungan sekitar. Nah, menjelang acara kita bisa melihat ogoh-ogoh ini dan aneka persiapannya.

Ada ogoh-ogoh berbentuk raksasa menyeramkan. Ogoh-ogoh ini dibuat dengan detil yang bagus. Anak-anak remaja ikut berpawai ramai-ramai dengan ogoh-ogoh ini. Pawai ogoh-ogoh dilakukan bahkan sampai malam datang.

0 komentar:

Post a Comment