Tuesday, April 23, 2013

6 Tips Aman Selama di Terminal


Jakarta - Selama 24 jam, terminal dipenuhi traveler yang akan bepergian. Berbagai macam orang berkumpul di sini, mulai dari traveler hingga pencopet. Agar terhindar dari tindakan jahat, sebaiknya ikuti 6 tips berikut.

Dikumpulkan detikTravel, Selasa (23/4/2013) inilah 6 tips aman selama berada di terminal:

1. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar tetap aman selama berada di bandara adalah jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Ingat, tidak semua orang memiliki niat baik.

Selalu ada kemungkinan orang baru yang Anda temui berniat jahat, seperti mencopet atau memberi informasi salah. Untuk itu, selalu waspada dengan tidak terlalu banyak bercerita kepada orang yang baru dikenal. Jangan pula menitipkan barang bawaan ke orang tersebut. Salah-salah, bukannya dibantu, barang Anda malah raib dicuri.

2. Bersikap meyakinkan

Orang yang berniat jahat biasanya selalu mengincar traveler yang terlihat kebingungan. Ia akan mendekati sang traveler dan berlagak baik dengan memberikan informasi. Inilah pintu awal kejahatan dimulai.

Dengan memanfaatkan ketidaktahuan Anda, mereka bisa saja memeras. Para oknum akan membawa korban ke tempat sepi padahal awalnya berkata ingin memberi informasi. Di sanalah korban diperas atau bahkan dirampas hartanya.

Jadi, jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya bersikaplah meyakinkan. Jangan terlihat linglung. Kalau pun tak tahu, sebaiknya tanya petugas informasi.

3. Simpan barang di kaki

Pastikan barang bawaan terjaga dengan baik. Jangan biarkan tercecer atau berjauhan dari Anda. Salah satu cara untuk menjaga keamanan barang adalah dengan menyimpannya di pangkuan atau diapit menggunakan kaki.

4. Jika sendirian, usahakan jangan tidur

Jika berada sendirian di dalam terminal, jangan sampai tertidur. Seberat apapun mata Anda, usahakan untuk tetap terjaga. Lagi-lagi ini demi keamanan barang dan tentunya diri sendiri. Ketika terlelap, peluang orang berbuat jahat semakin besar.

5. Jangan pamer perhiasan

Ini dia yang harus diperhatikan kebanyakan traveler, terutama wanita. Barang berharga, seperti cincin, gelang atau kalung secukupnya. Jangan terlalu pamer barang karena bisa mengundang orang untuk berbuat jahat, seperti menjambret atau mencopet.

6. Siapkan barang yang dibutuhkan di bagian atas tas

Dalam menyusun barang bawaan di dalam tas, letakkan barang yang sekiranya paling sering digunakan di bagian atas tas. Ini untuk menghindari orang lain melihat isi tas, ketika Anda membukanya untuk mengambil barang.

Tak hanya itu, simpan juga uang secukupnya di kantung tas. Ini menghindari Anda membuka dompet di depan umum.

0 komentar:

Post a Comment