Saturday, March 2, 2013

Sisi Eksotis dari Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul


detikTravel Community - 

Ada banyak pilihan pantai yang bisa dipilih di Gunungkidul, Yogyakarta. Mulai dari yang perawan hingga yang sudah ramai, semua bisa ditemui di sana. Pemandangan indah bak di dimensi lain pun ditawarkan oleh Pantai Pok Tunggal.

Berangkat dari Kota Yogyakarta bersama teman-teman kampus untuk melepas penat menuju bumi Handayani (Gunungkidul). Berawal dari hobi meng-eksplore pantai-pantai perawan, saya pun mengajak teman-teman untuk segera menuju ke arah Pantai Pok Tunggal yang berada di antara Pantai Pulang Sawal dengan Pantai Siung.

Perlu perjuangan untuk menuju ke bibir pantai, perjalanan di atas jalan berbatu yang lumayan menguras tenaga sepanjang kurang lebih 2 km harus kami tempuh. Namun, sepadan dengan perjuangan itu, kami jumpai sebuah pantai yang amat sangat menawan dan perawan.

Pantai dengan hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi penawar lelah setelah menyusuri jalan sempit bebatuan tadi. Terlihat ada sebatang pohon duras tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, jadi jangan heran bila ada teguran jika memanjat pohon tersebut.

Barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini.

Keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Kami pun bersukacita menanti momen itu tiba, dan sungguh indah sekali!

0 komentar:

Post a Comment