Tuesday, March 5, 2013

Rekomendasi Liburan untuk Anda dari Presiden SBY


Berlin - Indonesia adalah destinasi wisata yang paling lengkap, dari alam, budaya sampai kuliner dan belanja. Kemanakah wisman harus pergi? Coba dulu dengarkan rekomendasi dari Presiden SBY.

Berbicara dalam pembukaan International Tourismus Boerse (ITB) 2013 di Gedung Berlin Messe, Berlin, Jerman, Presiden SBY mengatakan Bali masih menjadi destinasi paling dikenal wisman dunia. Bali menurut SBY sudah sering terpilih sebagai destinasi populer dari berbagai majalah traveling dan sudah bisa menjual dirinya sendiri.

"Saya wajib bagaimanapun juga untuk memberi tahu kalau Indonesia sebagai destinasi wisata, lebih dari sekadar Pulau Bali," kata SBY, Selasa (5/3/2013) malam.

Kemanakah wisman bisa pergi selama di Indonesia. Menurut SBY, Indonesia menawarkan aneka jenis destinasi wisata sesuai minat dan hobi wisman.

"Yang suka traveling ke masa lalu, berharap hidup dengan pemandangan 'The Lord of The Ring', Anda mungkin ingin melihat Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia," kata SBY.

Mereka yang suka dinosaurus dan ingin melihat sisa-sisanya, SBY mengajak mereka pergi ke Pulau Komodo dan melihat Komodo. Yang suka dalamnya lautan, SBY merekomendasikan Bunaken atau Maluku. Mereka yang suka alam liar, SBY merekomendasikan Kalimantan dengan orangutan dan sungai yang bisa disusuri dengan perahu.

"Kalau mau melihat 'Surga yang Hilang' cobalah pergi ke Raja Ampat yang PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvYmVya3VsaXQtc2F3by1tYXRhbmctYWduaS1wcmF0aXN0aGEtbWVyYXNhLXRhbWJhaC1jYW50aWsuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5jYW50aWs8L2E+ di Papua. Konon inilah tempat yang paling mirip surga di Planet Bumi," kata SBY.

Para pencinta gunung, danau dan trekking, SBY merekomendasikan Sumatera. Yang doyan makan, SBY langsung meminta mereka mencicipi rendang, masakan terbaik di dunia versi CNNgo 2011. Untuk para pemburu warisan dunia dari UNESCO, SBY menyebutkan sejumlah destinasi dari Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Sangiran dan Subak di Bali.

Pencinta budaya diminta SBY utnuk melihat pembuatan keris, batik, angklung, wayang dan Tari Saman dari Aceh. Semua adalah warisan budaya tak benda dari UNESCO. Tapi, bukan artinya Indonesia tidak punya destinasi yang modern.

"Untuk yang mau mengetahui Indonesia yang lebih modern, kunjungilah kota-kota ramai di Jakarta, Surabaya, Medan dan lain-lain," kata SBY.

Indonesia menurut SBY adalah destinasi wisata yang lengkap. Dari rekreasi keluarga sampai konferensi internasional. Dari olahraga PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDIvYWlyLWR1a3VuLWNpbGlrLXBvbmFyaS1zdWRhaC1iZXJlZGFyLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+YWlyPC9hPg== sampai ekspedisi gunung berapi. "Dari kampung tradisional sampai pusat belanja dan hiburan modern di kota-kota besar Indonesia," tutup SBY.


0 komentar:

Post a Comment