Sunday, March 24, 2013

Presiden Obama Terhipnotis Kemegahan Kota Kuno Petra


Petra - Di tengah kunjungan politiknya ke Timur Tengah, Presiden AS Barack Obama menyempatkan diri berkunjung ke kota kuno Petra di Yordania. Layaknya wisatawan lainnya, Obama terperangah dan kagum akan kemegahan Petra.

"Ini sangat spektakuler," tutur Obama seperti dilansir dari situs Skift, Senin (25/3/2013). Mengenakan celana warna khaki, jaket hitam dan sepatu boots khusus hiking, Presiden AS itu memulai tur jalan kaki dari gerbang Siq. Siq adalah jalur yang dipahat secara manual oleh bangsa penghuni Petra, Nabatae, lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Obama mengunjungi Petra di tengah-tengah kunjungan politis ke Timur Tengah termasuk Israel dan Yordania. Saat tiba di Petra, warga lokal dan turis berderet di pinggir jalan untuk melihat langsung sang Presiden. Obama pun memasuki Siq dan tercengang di depan Treasury.

Treasury adalah monumen paling terkenal di Petra, dipahat oleh bangsa Nabatae di sebuah tebing batu raksasa. Obama melontarkan kata "amazing" saat berada di depan Treasury.

Masyarakat zaman dulu menyebut monumen ini sebagai Treasury karena mereka percaya, guci-guci yang dipahat di atasnya menyimpan harta karun. Nyatanya guci-guci tersebut merupakan tanda kejayaan bangsa Nabatae di masa silam. Penelitian yang dilakukan para ahli sejarah menunjukkan adanya pemakaman di bawah Treasury.

Ribuan tahun lalu, bangsa Nabatea menjadikan Petra sebagai perhentian penting di jalur perdagangan. Kota ini menghubungkan China, India, juga Arab bagian selatan dengan Mesir, Syria, Yunani, dan Roma. Namun mulai abad ke-7, jalur perdagangan itu dialihkan. Petra pun ditinggalkan penghuninya, terbengkalai hingga beberapa abad.

Sekarang Petra adalah destinasi wisata paling terkenal di Yordania. Sejak 2007, lebih dari setengah juta wisatawan datang ke Petra tiap tahunnya. Petra juga pernah menjadi salah satu tempat syuting film 'Indiana Jones and the Last Crusade' keluaran tahun 1989.

Untuk mencapai tempat ini, Obama naik helikopter Marine One miliknya dan mendarat di ibukota Yordania yakni Amman. Untung cuaca sedang baik, sehingga Obama dan beberapa delegasi melanjutkan naik helikopter langsung ke Petra. Sang Presiden AS pun pulang ke Washington pada Sabtu lalu.

0 komentar:

Post a Comment