Wednesday, March 6, 2013

Dari Taj Mahal Sampai Gunung Salju, Ada di India!


Jakarta - India tak hanya terkenal dengan Bollywood. Negara asal Shah Rukh Khan ini juga menjadi surga bagi wisatawan terutama backpacker. Anda bisa bermain salju, melihat bangunan bersejarah, hingga ikut Festival Holi yang terkenal.

India mempunyai semboyan pariwisata 'Incredible India' untuk mengundang wisatawan. Itu artinya, India akan memberikan pengalaman traveling yang menakjubkan dan tak terlupakan. Destinasi di India pun punya daya tarik beragam.

"India adalah destinasi yang incredible dan menakjubkan," kata Direktur India Tourism, Madhu Dubey dalam seminar Know India di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

Madhu menambahkan, India cocok untuk didatangi siapa saja. Baik itu turis yang suka belanja, sejarah, atau petualangan.

"India itu destinasi yang tak pernah habis. Dari modern sampai tradisional, kita punya semua," ungkap Madhu.

Salah satu festival tradisional di India adalah Holi. Festival yang berlangsung tiap Maret ini mengajak wisatawan untuk saling melempar bubuk warna dan menyiram PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDIvYWlyLWR1a3VuLWNpbGlrLXBvbmFyaS1zdWRhaC1iZXJlZGFyLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+YWlyPC9hPg==. Warnanya pun beragam, dari oranye, merah, biru, hingga ungu.

Festival ini juga sebagai momen berdoa besar-besaran kepada para Dewa untuk memohon kelancaran hidup. Asyiknya, turis bisa ikut dalam acara ini.

"Turis bisa ikut memeriahkan acaranya, tapi setelah itu mungkin akan sulit mencuci PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvZGFuaWVsLW1hbmFudGEtaW5naW4tb3JhbmctbWFsYXlzaWEtcGFrYWktYmFqdS1kYW1uLWktbG92ZS1pbmRvbmVzaWEuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5iYWp1PC9hPg==nya," celetuk Madhu sambil tertawa.

Bagi para pendaki gunung, Anda bisa datang ke bagian utara India. Anda dapat mendaki dan kemping di salah satu sisi Pegunungan Himalaya yang penuh salju.

"Di bagian utara, kita ada salju di Pegunungan Himalaya, turis bisa mendaki dan kemping di sana. Kalau mau main-main ke pantai, datang saja ke bagian selatan India," ungkap Madhu.

Bangunan-bangunan bersejarah juga terdapat di berbagai wilayah di India. Anda bisa ke Agra untuk melihat Taj Mahal yang megah, atau ke Mumbai untuk melihat Gua Ajanta yang tekenal dengan ukiran dan lukisan guanya.

"Kalau mau main golf, kita punya banyak lapangan golf yang modern. Medical tourism juga mulai berkembang di India. Kalau belanja, India surganya," ungkap Madhu.

India rupanya menjadi salah satu destinasi favorit traveler Indonesia. Tiap tahun, jumlah turis Indonesia yang jalan-jalan ke India terus bertambah.

"Turis Indonesia yang ke India bertambah tiap tahun. Tahun 2009 sekitar 20 ribu, 2010 sekitar 26 ribu, dan 2011 sekitar 32 ribu," ungkap Madhu.

0 komentar:

Post a Comment