Monday, March 4, 2013

China Mengecat Rumput Agar Terlihat Lebih Hijau?


Chengdu - Pemandangan alam yang hijau baik di desa atau kota jadi magnet bagi wisatawan. Demi menciptakan pemandangan yang menarik, rerumputan di jalan-jalan China dicat dengan warna hijau oleh pemerintah setempat. Benarkah?

Penduduk di Kota Chengdu terkaget-kaget saat melihat mobil dinas kota yang menyirami rerumputan di sana dengan air berwarna hijau. Dari News Australia, Senin (4/3/2013), ada bukti foto yang beredar di internet saat petugas menyirami rumput tersebut dengan cairan hijau.

"Dua pekerja menyemprot rumput, merubah rumput yang kekuningan menjadi kembali berwarna hijau. Apakah mereka mengecat rumput itu?" tutur He Tao, warga Chengdu kepada China Daily.

Semprotan cat ini diasumsikan bisa menimbulkan pencemaran yang merusak lingkungan. Menanggapi segala respon negatif tersebut, Dinas Tata Kota Chengdu pun memiliki alasannya sendiri. Mereka mengatakan itu bukanlah cat hijau melainkan pupuk hijau.

"Apa yang petugas sedang semprotkan adalah zat penghijauan," kata seorang staf dari Biro Pembangunan Perkotaan dan Pedesaan Distrik Longquanyi seperti dikutip dari MSN.

Mereka beralasan, apa yang disemprotkan adalah cairan nutrisi. Cairan tersebut akan membuat rumput bisa bertahan saat musim dingin dan tetap bisa terlihat hijau. Sedangkan, menurut mereka, cairan tersebut bisa membuat rumput jadi kuning saat musim dingin dan akan mati saat musim panas tiba.

0 komentar:

Post a Comment