Sunday, March 17, 2013

Angklung pun Eksis di Beijing!


Beijing - Salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat tidak hanya menarik perhatian wisatawan di daerah asalnya namun juga di luar negeri. Di Beijing, China, ada pertunjukan angklung yang dimainkan oleh siswa-siswi sekolah setempat.

Dari rilis yang diterima detikTravel, Sabtu (16/3/2013), kemarin sekitar 1.500 siswa siswi berpartisipasi dalam Indonesia Cultural Day yang diselenggarakan di Western Academy of Beijing (WAB). Ini adalah acara kerjasama dengan KBRI Beijing dengan sekelompok masyarakat Indonesia yang ada di sana.

Hasilnya, suasana Indonesia kental terasa di sana. Yang paling menarik dari acara ini adalah penampilan angklung oleh KBRI Beijing dan anak murid asal Indonesia. Ada 4 lagu yang dinyanyikan di antaranya Burung Kakak Tua, sebuah lagu Mandarin, Yue Liang Dai Biao Wo De Xin, dan dua lagu anak-anak Barat.

Bahkan, para siswa-siswi kelas musik internasional tingkat Sekolah Menengah pun bisa langsung memainkan cuplikan aransemen Mozart dengan menggunakan angklung. Uniknya alat musik dari Indonesia menarik perhatian banyak orang termasuk guru musik WAB yang rencananya akan mempelajari lebih dalam tentang angklung.

Indonesia Cultural Day sangat membantu perkembangan banyak hal bagi Indonesia, termasuk dalam aspek pariwisata. Dengan adanya acara ini, para masyarakat asal Indonesia bisa memperkenalkan aneka ragam kekayaan milik Tanah Air. Semakin menarik acaranya, semoga semakin banyak wisatawan yang akan melancong ke Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment