Wednesday, February 20, 2013

Yang Cantik Yang Tersembunyi, Pulau Sempu di Malang


detikTravel Community - 

Bersembunyi di sebelah selatan Malang tak membuat Pulau Sempu sepi turis. Pulau tak berpenghuni ini memang sudah terkenal memiliki alam yang sangat indah. Susah payah ke sana sepertinya tak menjadi masalah bagi wisatawan.

Sempu adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang berada di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Oleh karena itu, diperlukan perizinan untuk memasuki daerah ini. Untuk bisa ke sana, pengunjung harus menyeberang dengan menggunakan perahu dari Sendang Biru, Malang.

Pulau ini memiliki sebuah laguna yang indah, Segara Anakan namanya. Laguna ini merupakan danau pasang surut laut selatan. Pagar karang melindungi laguna ini dari ganasnya ombak laut di selatan Pulau Jawa. Hanya ada lubang yang cukup besar sebagai akses masuknya air laut ke sini, yang disebut dengan Karang Bolong. Air di laguna tersebut sangat tenang sehingga sangat nyaman untuk berenang.

Untuk bisa sampai ke Segara Anakan, dibutuhkan perjuangan yang lumayan berat, terutama jika dilakukan pada musim hujan. Jalurnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki menembus hutan selama dua jam. Waktu ini bisa menjadi dua kali lipat bahkan bisa lebih, karena jalurnya berlumpur dan sangat licin. Untuk itu, sangat disarankan perjalanan ke tempat ini dilakukan pada saat musim kemarau, di mana jalurnya lebih bersahabat.

0 komentar:

Post a Comment