Friday, February 22, 2013

Traveling Bareng Anak Bikin Keluarga Jadi Harmonis


Jakarta - Walaupun terdengar menyenangkan, banyak orangtua yang malah stress saat liburan bareng anak. Tapi ternyata, traveling bersama anak punya banyak manfaat termasuk mendekatkan hubungan emosional antar anggota keluarga.

Mayoritas orang tua masa kini merasa stress akibat jam kerja yang panjang. Hal itu juga berlaku bagi anak-anak yang sering kelelahan akibat jadwal sekolah dan rutinitas lainnya. Akibatnya, tak ada waktu luang untuk sekadar liburan keluarga.

Padahal liburan adalah sesuatu yang berdampak positif bagi orang tua dan anak-anak. Bahkan survei menyimpulkan, traveling bersama anak sangat bagus untuk menghilangkan stress.

Dari Fox News, Jumat (22/2/2013), survei ini dilakukan oleh perusahaan riset Kelton terhadap 1.000 responden yang telah memiliki anak usia 5-17 tahun. 97% responden menyatakan, anak mereka bisa tahu lebih banyak hal tentang keluarga saat traveling. Baik orangtua dan anak-anak juga jadi lebih bersemangat, lucu dan penuh kasih sayang. Tak hanya itu, para orangtua juga makan dengan porsi dua kali lipat dibanding biasanya.

"Para orang tua sangat butuh waktu berkualitas," tutur Amy McCready, penggagas Positive Parenting Solutions.

Survei yang sama menyebutkan, 71% orangtua lebih suka menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka. McCready berkata kalau Anda tidak bisa liburan jangka panjang, cobalah membuat sendiri waktu berkualitas di tengah-tengah rutinitas.

"Dalam kegiatan sehari-hari, menghabiskan waktu bersama anak Anda seperti melakukan apa yang dia sukai, bisa meningkatkan hubungan emosional," kata McCready.

Nah, akhir pekan ini, coba luangkan waktu untuk traveling singkat bersama keluarga. Kalau tak mau repot memilih destinasi yang jauh, Bandung, Bogor, atau Kepulauan Seribu bisa jadi pilihan. Bagi warga Jakarta yang tak mau keluar ibukota, bisa menyambangi tempat-tempat hiburan atau taman-taman kota untuk piknik.

0 komentar:

Post a Comment