Friday, February 22, 2013

Ternyata, Hotel di Belanda Ini Dulunya Penjara


Roermond - Siapa sangka, Hotel Het Arresthuis di tengah Kota Roermond, Belanda ini dulunya punya fungsi yang berbeda. Bangunan yang sangat megah ini dulunya adalah hotel prodeo alias penjara yang paling ditakuti di Negeri Kincir Angin.

Sejak tahun 1862, Het Arresthuis sudah dibuka di tengah Kota Roermond, Belanda. Tentunya, tak ada seorang pun yang mau menginap di sini, mengingat bangunannya dulu difungsikan sebagai penjara. Het Arresthuis adalah hotel prodeo yang terkenal dengan penjagaan yang sangat ketat.

Tapi saat ini, setelah 150 tahun berlalu, bangunan yang tadinya ditakuti semua orang berubah menjadi hotel yang megah. Seperti yang dilihat dari situs resmi hotel, Jumat (22/2/2013), pada tahun 2007 lalu, Het Arresthuis sudah berubah menjadi tempat menginap para turis di Kota Roermond.

Sebisa mungkin bangunan tidak dirombak jauh. Desain khas penjara masih dipertahankan, walaupun sudah banyak juga barang-barang yang baru di dalamnya. Pintu kamar masih berupa besi tebal yang tertutup. Hanya ada kotak kecil untuk di bagian atas untuk melihat ke dalam atau ke luar.

105 Ruang tahanan sudah disulap menjadi 40 kamar yang luas, termasuk 24 kamar standar, 12 kamar deluxe, dan 4 kamar suite. Tak ada kesan penjara di dalam kamarnya. Yang ada hanya bangunan serba putih dengan furniture yang mewah bak hotel berbintang.

Setiap kamar dilengkapi dengan AC, TV layar datar, WiFi gratis, dan bahkan mesin kopi serta teh gratis. Di Het Arresthuis, setiap tamu akan dimanjakan dengan fasilitas berupa sauna, pusat kebugaran, halaman dengan pohon-pohon zaitun, dan kebun organik. Bagi traveler yang mau minum-minum, Het Arresthuis juga punya 2 bar di dalamnya.

Uniknya, hotel ini memiliki restoran yang menyajikan makanan khas penjara, Anda juga harus berpakaian ala tahanan. Jadi kalau Anda mau tahu makanan apa yang jadi menu makan malam para narapidana, tinggal pesan saja. Mau?

0 komentar:

Post a Comment