Sunday, February 17, 2013

Tantang Adrenalin di Cave Tubing Kalisuci, Gunungkidul


detikTravel Community - 

Gunungkidul tak hanya berisi deretan pantai yang cantik, tapi juga gua vertikal yang menatang, seperti Kalisuci. Di sini, wisatawan bisa menantang adrenalin dengan menyusuri guanya yang panjang. Asyik!

Perjalanan kali ini sebenarnya bermula dari melihat foto seorang teman di facebook yang berjudul 'cave tubing'. Dengan posenya yang lumayan kelihatan gagah sambil membawa ban dalam mobil truk untuk menyelusuri sungai bawah tanah.

Mesin pencari di internet, menjadi senjata ampuh untuk mencari tahu apa dan di mana kegiatan itu. Ternyata cave tubing Gua Pindul muncul di halaman pertama. Iseng dan pengen cari tahu lebih dalam, akhirnya kami menemukan cave tubing Kalisuci dengan promosi bahwa jelajah guanya lebih panjang, lama dan menantang.

Perjalanan sekitar 1,5 jam dari Yogyakarta menggunakan motor membawa kami menuju Kabupaten Wonosari. Letak Kalisuci tak terlalu jauh dari Kota Wonosari. Traveler hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Untuk menuju ke Cave Tubing Kalisuci tidak ada angkutan umum, menyewa kendaraan dari Kota Yogya merupakan pilihan yang tepat.

Sempat tersesat dan menemukan gua vertikal yang sangat luar biasa, akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Dengan ekspresi muka yang sangat gembira, saya dan teman-teman langsung menuju markas cave tubing Kalisuci. Dengan membayar retribusi sebesar Rp 65 ribu/per orang, kami pun memulai petualangan. Oh iya, untuk bisa mencicipi serunya cave tubing, rombongan yang datang minimal 5 orang.

Helm, jaket pelindung, pelindung kaki dan ban kami ambil. Kemudian briefing dimulai, ditemani 2 orang guide, kami berjalan turun sekitar 5-10 menit untuk menuju sungai dan gua. Baru setengah perjalanan, warna hijau toska air sungai memancing mata kami, dan semangat semakin menggebu-gebu untuk melakukan penelusuran.

Pertama tiba di aliran sungai, kami disambut dengan cerahnya air sungai. Aliran sungai tampak sempurna ketika dipadu dengan mulut gua yang lebar, berbalut bebatuan kars yang eksotis. Penelusuran di mulai di sini, kami akan memasuki gua serta melewati beberapa jeram yang terbentuk alami oleh bebatuan. Kemudian setelah masuk gua, kami keluar dan melintasi sungai dengan formasi bebatuan yang menantang. Kami pun kembali di sambut dengan mulut gua yang seakan siap untuk di jamah kembali.

Penelusuran kurang lebih berlangsung selama 2 jam. Kami melintasi beberapa gua dan sungai dengan jeram yang bervariasi. Akhirnya kami pun tiba di titik akhir dan lanjut hiking sekitar 15 menit untuk kembali ke titik penjemputan. Walau sedikit capek tapi penelusuran Kalisuci ini dapat memacu adrenalin, dan membuat pikiran kembali segar.

0 komentar:

Post a Comment