Monday, February 25, 2013

Sepeda Jadi Alat Promosi Wisata Malaysia


Jakarta - Bagi wisatawan yang gemar bersepeda, Malaysia adalah destinasi yang bisa didatangi. Jalur sepeda yang nyaman dan luas, serta bangunan-bangunan cantik dapat Anda nikmati saat menggowes sepeda. Mau coba?

Setiap negara punya cara promosi pariwisata masing-masing. Malaysia misalnya, Negeri Jiran ini memanfaatkan sepeda untuk menarik wisatawan. Tak tanggung-tanggung, badan promosi wisata Tourism Malaysia mengajak traveler jalan-jalan sambil mengayuh sepeda.

"Di Malaysia tren sepeda sangat bagus dan mendapat sambutan dalam 3-4 tahun belakang ini," kata Direktur Tourism Malaysia, Nor Aznan Sulaiman di Kedubes Malaysia, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (25/2/2013) kepada detikTravel.

Nor Aznan menambahkan, "Dulu turis-turis di Malaysia menginap di hotel dan menyewa sepeda. Tapi sekarang, hampir di setiap kota di Malaysia ada paket wisata sepeda," tambahnya.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi wisatawan yang menggemari bersepeda. Mereka dapat bersepeda dengan nyaman, aman, dan tertib di jalan-jalan atau di jalur sepeda yang telah disiapkan.

"Salah satu tempat yang bagus itu di Putrajaya. Jalanan untuk sepedanya besar dan hari Minggu tidak banyak mobil, pemandangannya juga bagus dan cantik," tutur Nor Aznan.

Lalu, berapa harga untuk sewa sepeda di Malaysia?

"Harga sewa sepeda di Malaysia sekitar RM 5 atau dikalikan Rp 3 ribu, sekitar Rp 15 ribu. Kalau paket wisata sepeda, sekitar RM 250 atau sekitar Rp 750 ribu lah," ungkap Nor Aznan.

Rupanya, Malaysia juga menjadi destinasi spesial bagi wisatawan yang menggemari sepeda dari Indonesia. Letaknya yang tidak jauh, memudahkan para pesepeda dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta atau Bandung untuk gowes sepeda di Malaysia.

"Orang Indonesia itu suka sepeda. Kalau bosan bersepeda di Jl Thamrin, bisa datang ke Kuala Lumpur atau ke Putrajaya," ucap Nor Aznan.

Kegiatan fun bike yang sering digelar di Putrajaya pun menjadi magnet bagi wisatawan Indonesia, "Bulan Desember kita mengadakan acara Fun Bike di Putrajaya. Saat itu 100 wisatawan dari Indonesia datang ke sana. Bulan Juni nanti kita juga ada fun bike," cetus Nor Aznan.

0 komentar:

Post a Comment