Friday, February 15, 2013

Pria Inggris Sukses Berselancar 12 Km di Sungai Kampar


Jakarta - Steven King, peselancar asal Inggris berhasil membuat rekor baru di Riau. Dia sukses menaklukkan Gelombang Bono di Sungai Kampar sejauh 12 kilometer, selama 1 jam 4 menit. Selamat!

"Ini pengalaman baru untuk saya dan akan menjadi rekor dunia yang baru," kata Steven King, peselancar asal Inggris saat jumpa pers di Hotel Transit, Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jumat (15/2/2012).

Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan Riau punya fenomena alam yang menjadi objek wisata unik. Di sana terdapat Gelombang Bono, yaitu ombak besar yang terjadi antara pertemuan air sungai dan air laut di muara Sungai Kampar. Tingginya dapat mencapai 4-6 meter.

Pada hari Rabu (13/2), Steven King akhirnya dapat menaklukan gelombang ini. Dia berhasil mencatatkan waktu selama 1 jam 4 menit untuk mengarungi Gelombang Bono sejauh 12,8 km.

"Gelombang Bono adalah ombak yang panjang dan fantastis. Butuh banyak tenaga untuk bertahan di sana (berselancar-red)," ungkap Steven.

Steven menambahkan, tak mudah untuk menaklukan Gelombang Bono. Gelombang ini panjang dan sulit ditebak, karena hantaman dari tebing di kanan dan kiri akan lebih menimbulkan gelombang yang lebih besar.

"Kalau di laut hanya ada satu ombak, tapi kalau di Bono ombaknya sulit ditebak, karena ada hantaman dari kiri dan kanan sehingga lebih sulit," lanjut Steve yang sudah menggemari surfing di sungai ini selama 32 tahun.

Nantinya, Steve akan mengirimkan catatannya ke pihak Guiness World Records, "Kita punya catatan GPS dan ada saksi juga untuk dikirim ke Guiness World Record," tambahnya.


0 komentar:

Post a Comment