Thursday, February 7, 2013

Misteri Pura Berisi Patung Leak di Tabanan, Bali


detikTravel Community - 

Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura. Memang, tak sulit untuk menemukan pura di sana. Tapi, ada satu pura yang tidak biasa di Tabanan. Pura tersebut berisikan patung-patung Leak yang menyeramkan. Anda tahu?

Suatu hari saya berniat mengunjungi pantai bernama Yeh Gangga yang berada di daerah Tabanan, Bali. Pantainya memang tidak terlalu menarik, berpasir hitam dan panas, tetapi ada batu besar yang membuatnya menjadi unik.

Kemudian, dari situ kita beranjak ke sebelah timur pantai. Di situ terdapat sebuah bukit hijau dan air terjun kecil.

Setelah bosan menikmati bukit dan air terjun, kami pun pergi ke pantai di sebelah timur lagi. Ada batu yang menjulang seperti miniatur pura di Tanah Lot. Namun, untuk menuju ke sana traveler harus menyeberangi sungai yang cukup dalam.

Ternyata ada jalur kendaraan di sana. Kami pun berbalik arah dan kembali ke pura yang ada di jalur tersebut. Di tempat parkir sepeda motor, terdapat anak tangga berukiran ular.

Tepat di ujung anak tangga tersebut, terdapat dua patung masing-masing di sisi kanan dan kirinya. Keduanya sama-sama menyeramkan, berambut panjang, kuku panjang, taring, dan lidah yang juga panjang, persis seperti Leak yang sering diceritakan orang-orang Bali.

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir yang jahat. Kata 'Le' memiliki arti penyihir dan 'ak' berart jahat.

Karena penasaran, kami pun memasuki area pura. Di dalamnya ternyata juga terdapat beberapa patung unik lainya. Sayang, tidak ada keterangan nama di pura tersebut. Ketika bertemu dengan seseorang, kami pun menanyakan nama pura tersebut tapi tidak ada jawaban.

Mungkin ada yang tahu? Jujur saya sendiri bukan penganut agama Hindu dan bukan asli orang Bali. Ini juga pertama kalinya saya melihat pura dengan ornamen patung Leak. 

0 komentar:

Post a Comment