Tuesday, February 12, 2013

Malam Hari, Cantiknya Jayapura Seperti Hong Kong!


detikTravel Community - 

Jayapura City adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan cantik Kota Jayapura dari ketinggian. Datang pada malam hari, Anda bisa melihat gemerlap lampu yang menerangi kota. Cantiknya mirip Hong Kong saat malam!

Mungkin bagi masyarakat luar Papua, belum banyak yang tahu keindahan kota-kota di sana khususnya Jayapura. Padahal, ibukota Papua ini memiliki destinasi yang indah. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri di Jayapura City.

Jayapura City adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan Kota Jayapura. Bagi turis yang baru pertama kali datang ke Jayapura, mungkin belum tahu lokasi tempat ini.

Tempat ini lebih dikenal sebagai daerah pemancar televisi nasional, yaitu TVRI. Dulunya, hanya ada 2 pemancar di tempat ini, yaitu satu pemancar televisi nasional, dan satu lagi televisi swasta.

Dulunya Jayapura City tidak dibuka untuk umum. Namun, karena semakin banyak orang yang mengunjunginya, pihak TVRI pun akhirnya mengizinkan orang umum untuk masuk ke area tersebut.

Jayapura City berada di daerah Polimak 1 Jayapura. Cukup naik angkot dan turun di depan SMP Negeri Jayapura. Lalu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Hanya 10 menit, pelancong pun sudah tiba di Jayapura City.

Untuk informasi, sebaiknya Anda memilih ojek yang menggunakan motor tangguh. Ini karena medan yang dilewati menanjak tajam, dan memiliki tikungan yang cukup menegangkan.

Meski begitu, traveler tak perku kuatir terjatuh. Para tukang ojek sudah mahir mengendalikan motor. Anda cukup duduk yang tenang, dan nikmati pemandangan yang tersaji di sepanjang perjalanan.

Khusus traveler pecinta hiking, boleh menantang nyali dengan jalan kaki menyusuri jalur ini. Tapi sebaiknya lakukan saat sore hari, yaitu pukul 14.00 atau 15.00 WIT. Saat itu, PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDEvZm90by1nZXJoYW5hLW1hdGFoYXJpLTI2LWphbnVhcmktMjAwOS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPm1hdGFoYXJpPC9hPg== tak terlalu terik. Anda pun tak perlu takut kehausan selama perjalanan. Ada banyak warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Begitu tiba di atas, rasa lelah setelah berjalan langsung terbayar. Setiap pelancong yang datang disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Hamparan perbukitan tampak mirip seperti yang ada di atlas. Jejeran bangunan di Kota Jayapura pun tersusun dengan indah. Teluk yang cantik dan Samudera Pasifik yang gagah seakan tak henti memamerkan keelokannya.

Jika menengok ke arah dermaga, Anda akan melihat pulau-pulau kecil yang memiliki nama unik, seperti Kayu Batu dan Kayu Pulau. Pada hari Jumat, Anda bisa melihat banyak kapal yang bersandar di dermanya.

Waktu terbaik untuk datang ke Jayapura City adalah sore atau malam hari. Pada saat itu, pemandangan paling cantik bisa Anda lihat. Turis bisa melihat bagaimana anggunnya Kota Jayapura yang tampak gemerlap ketika lampu-lampu mulai dinyalakan. Kalau kata orang asli sana, kota ini cantiknya seperti Hong Kong di waktu malam.

Rasanya tidak cukup sekali jika ingin menikmati pemandangan Jayapura City. Tapi cukup satu kali untuk mengatakan dalam hati "Saya pasti kembali!"

0 komentar:

Post a Comment