Friday, February 8, 2013

Burung Garuda, Meksiko & Bekantan di Kebun Raya Bogor


Bogor - Bagi warga Jakarta yang bingung memilih destinasi untuk akhir pekan, datang saja ke Kebun Raya Bogor. Letaknya tidak jauh dan tiket masuknya pun murah. Di sana ada 'Burung Garuda', taman ala Meksiko, dan museum bagaikan hutan!

Bogor seolah menjadi oase bagi warga Jakarta. Jika akhir pekan tiba, Kota Hujan ini akan diserbu oleh traveler asal ibukota. Beragam jenis wisata dan destinasi, memang tidak akan membuat Anda bosan untuk datang lagi dan lagi ke Bogor.

Dari sekian banyak destinasi di Bogor, Kebun Raya Bogor adalah tempat wajib yang harus Anda datangi. Di sini ada banyak tempat-tempat yang asyik untuk didatangi. detiktravel membuktikan sendiri saat berkunjung ke kebun raya ini.

Setibanya di pintu masuk, ada loket penjualan tiket di sebelah kiri. Harga tiket masuknya hanya Rp 9.500 saja. Dengan tiket ini, Anda bisa bebas menjelajahi semua area yang ada di dalam Kebun Raya Bogor.

Di sebelah kanan pintu masuk, ada pusat informasi. Jangan malu untuk bertanya, sebabnya Anda bisa mendapat banyak informasi tentang Kebun Raya Bogor. Tak hanya itu, Anda juga bisa meminta peta kebun raya ini secara gratis!

Pohon-pohon yang rimbun nan tinggi menyambut kedatangan Anda saat masuk ke dalam area kebun raya ini. Di akhir pekan, wisatawan akan membanjiri Kebun Raya Bogor. Tapi tenang saja, hal tersebut tidak mengurangi kesejukan Kebun Raya Bogor.

Di dalam Kebun Raya Bogor, ada banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Ada Museum Zoologi, Taman Bhinneka, Taman Meksiko, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih, tempat mana yang mau Anda datangi terlebih dulu.

Jika mau ke Museum Zoologi, jalanlah ke arah kiri setelah melewati pintu masuk kebun rayanya. Tinggal berjalan kaki, Anda akan diarahkan oleh papan-papan penunjuk untuk menuju museumnya. Tak sampai 5 menit, Museum Zoologi yang didominasi warna putih dan biru akan terlihat.

Museum Zoologi menyimpan 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, 10.000 jenis serangga, 700 jenis invertebrata dan moluska sejumlah 2.300 jenis ada di sini. Masuk ke dalam museum ini, Anda seolah sedang berada di tengah-tengah hutan rimba. Bentuk satwanya pun terlihat jelas dan ada penjelasannya lho!

Beberapa satwa asli Indonesia yang dapat Anda lihat di sini seperti, bekantan dari Kalimantan, kasuari dan burung cendrawasih dari Papua, Orangutan dari Sumatera dan Kalimantan, badak bercula satu dari Ujung Kulon, dan masih banyak lagi. Pemandu-pemandu di sini akan menambah informasi lebih detil lagi kepada Anda.

Setelah dari Museum Zoologi, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Meksiko. Dari museum, Anda tinggal jalan lurus saja sekitar 5 menit. Memang cukup lelah, tapi justru baik untuk badan Anda. Sebabnya, udara segar dan keringat yang mengucur memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Siap-siap terkejut saat tiba di Taman Meksiko. Taman ini mempunyai banyak kaktus besar, ukurannya bisa mencapai dua meter. Inilah kaktus-kaktus ala Amerika Tengah. Anda pun bisa berfoto-foto seperti sedang berada di Meksiko. Keren!

Taman Meksiko cukup luas. Di sana terdapat jalanan dari aspal sebagai area berjalan untuk pengunjung. Kaktus-kaktusnya ada di kiri-kanan jalan. Uniknya, kaktus-kaktus di sana didatangkan langsung dari Meksiko. Perawatannya pun tidak sembarangan, kaktus-kaktus tersebut ditanam di atas krikil bukan di atas tanah.

Masih belum puas? Langkahkan kaki Anda ke Taman Bhinneka. Letaknya cukup jauh, paling ujung dari pintu masuk Kebun Raya Bogor. Jika jalan kaki, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di Taman Bhinneka. Tenang saja, sepanjang jalan banyak pemandangan cantik yang akan menemani Anda. Ada pohon-pohon besar, Sungai Ciliwung, dan Jembatan Gantung yang terkenal!

Rupanya, ada 'Burung Garuda' di Taman Bhineka ini. Di tengah-tengah tamannya terdapat suatu tanaman-tanaman yang ditata dalam satu relief besar. Lihatlah lebih teliti dari tempat yang lebih tinggi di sana!

Ya, itulah 'Burung Garuda' yang terlihat besar di tengah-tengah tamannya. Lambang negara Indonesia yang terlihat cantik dari susunan tanaman-tanaman berwarna-warni. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu mengenai keberadaan 'Burung Garuda' ini.

Anda bisa bebas memotret di Taman Bhineka sepuasnya. Tak jauh dari Taman Bhineka, ada suatu tempat yang terdapat banyak anggrek. Anda juga bisa datang ke dalamnya untuk melihat anggrek-anggrek cantik yang berasal dari tiap daerah di Indonesia. Seru!

Itulah tiga tempat yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Kebun Raya Bogor. Jangan lupa bawa air minum yang cukup dan siapkan baju yang nyaman. Selamat menjelajahi Kebun Raya Bogor!

0 komentar:

Post a Comment